nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usung Semangat Juang Wanita Indonesia, Ini Tampilan Terbaru Mahkota Miss Indonesia 2020

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 16:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 12 194 2167414 usung-semangat-juang-wanita-indonesia-ini-tampilan-terbaru-mahkota-miss-indonesia-2020-49AE7eGNaz.jpeg Chairwomen of Miss Indonesia Organization Liliana Tanoesoedibjo bersama 34 finalis Miss Indonesia 2020 (Foto : Dimas/Okezone)

Ada beberapa kejutan spesial yang telah disiapkan Yayasan Miss Indonesia untuk memeriahkan Malam Puncak Miss Indonesia 2020. Salah satunya berkaitan dengan mahkota yang akan diberikan kepada pemenang ajang kecantikan tersebut.

Ya, setelah tiga tahun berturut-turut menggunakan mahkota emas berkonsep 'Persatuan Indonesia', tahun ini, Miss Indonesia 2020 resmi meluncurkan mahkota baru bertajuk 'Spirit of Indonesia' berkolaborasi dengan UBS Gold.

Inspirasi dan konsepnya sendiri diadaptasi dari hasil rekomendasi Chairwoman of Miss Indonesia Organization, Liliana Tanoesoedibjo. Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Erwin Suganda selalu Creative Director UBS Gold.

Miss Indonesia

"Jadi proses pembuatan mahkota ini kurang lebih memakan waktu tiga bulan. Kita sempat brain storming dengan Ibu Liliana. Beliau, memberikan masukkan 'Kenapa tidak diadaptasi saja dari Theme Song Miss Indonesia saja?" ungkapnya saat ditemui Okezone, di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (12/2/2020).

Lebih lanjut Erwin mengatakan, theme song Miss Indonesia sejatinya menggambarkan tentang semangat juang dan janji-janji para finalis Miss Indonesia dalam menyebarkan hal-hal positif, serta determinasi mereka untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Nilai-nilai tersebut kemudian dituangkan secara puitis hingga menghasilkan sebuah mahakarya yang tidak ternilai harganya.

"Kebetulan, ibu ingin sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih berwarna. Karena selama ini kan mahkotanya putih terus. Tapi, pemilihan warnanya tidak bisa sembarangan. Setelah melewati proses diskusi yang panjang, kami sepakat untuk memadukan warna putih dan merah, karena memang warna-warna ini memiliki makna filosofis," ungkap Erwin.

Mahkota Miss Indonesia

"Putih itu menyimbolkan tulang dan hati yang suci. Merah adalah darah yang mengalir ditubuh mereka. Bila dipadukan akan menyiratkan semangat juang yang tinggi dan tidak pernah padam," timpalnya.

Erwin menambahkan, bila dilihat sekilas, mahkota 'Spirit of Indonesia' menyerupai bunga melati yang melingkar kemudian bermekaran. Sementara untuk materialnya menggunakan emas putih 14 karat, lalu diberi tambahan kristal swarovski sirkonia.

Mahkota Miss Indonesia

Berat mahkota ini diklaim hampir sama dengan mahkota yang dikenakan Ratu Inggris yakni seberat 1 kg. Lagi-lagi, ada makna yang tersirat di dalamnya.

"Ada pepatah berbahasa inggris yang bila diartikan, 'menggunakan mahkota berat itu sebagai pengingat bahwa mereka memiliki tanggung jawab yang besar' Jadi tidak hanya cantik, tapi juga harus mengingat tugas dan tanggung jawab yang diemban," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini