nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Ekspresi Tertawa via Teks dalam Bahasa Lain yang Perlu Kamu Tahu

Rabu 12 Februari 2020 20:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 12 612 2167537 4-ekspresi-tertawa-via-teks-dalam-bahasa-lain-yang-perlu-kamu-tahu-nnKjyVdUfM.jpg Pria mengirim pesan tertawa (Foto: Istock)

Saat kita mengirim pesan via Whatsapp, kita sering mengirimkan ekspresi tertawa kepada teman, kekasih, juga keluarga untuk menunjukkan kegembiraan.

Mungkin kita mengira eskpresi tertawa itu sifatnya universal. Namun ternyata tidak. Kalau di Indonesia ekspresi tertawa itu wkwkwkwkwkwk atau wakakakakakak. Ternyata terdapat 4 emotikon negara lain yang berbeda, yang perlu kamu ketahui!

 chatting

1. Hahaha

Menurut Kamus Inggris Oxford, cara yang benar untuk mengekspresikan tawa dalam bahasa tulisan yang baku dalam bahasa Inggris yaitu ha ha atau Ha ha ha!

Tapi seperti yang kita lihat, berbalas pesan itu menyangkut kecepatan, kesederhanaan tulisan dan spontanitas. Jadi Anda pasti lebih sering menerima dan mengirim kata ha ha singkat.

Jika ingin menambah rasa humor di dalamnya, katakanlah, Anda ingin terdengar sedikit congkak, Anda bisa mengetiknya menjadi hehe... meskipun mungkin hal itu akan membuat Anda kurang disukai. Jadi ekspresi tertawa dalam bahasa Inggris itu hahaha.

2. Kkkkkk

Orang Portugis dan Korea menunjukkan ekspresi tertawannya dengan menuliskan kkkkkk. Pengguna bahasa Portugis, terutama di Brasil, mengekspresikan bunyi tawa mereka dengan huruf k, yang dilafalkan sedikit seperti "kja".

Jika Anda tertawa terbahak-bahak di dunia maya, Anda perlu kkkkkk - meski beberapa orang mungkin juga menulis rsrsrs, singkatan kata risos (tawa).

Bahasa Korea mungkin punya sedikit kesamaan dengan bahasa Portugis, kecuali untuk ekspresi terkekeh alias ㅋㅋㅋㅋㅋㅋ.

Ternyata, bunyi k atau ㅋ dalam bahasa Korea merupakan konsonan velar - huruf-huruf yang diucapkan dengan pangkal lidah menyentuk langit-langit lunak di bagian paling belakang mulut - yang menciptakan suara terdekat dengan tawa.

Mungkin pertanda baik bahwa suara ekspresi bahagia yang paling umum di antara semua bahasa adalah bunyi konsonan itu.

3. Xaxaxa

Seperti dilansir dari BBC, di Yunani, jika Anda ingin tertawa terpingkal-pingkal secara online, sebaiknya jangan menggunakan hahaha atau kkkkkk... secara fonetik, xaxaxa lebih tepat mengekspresikan bunyi tawa yang Anda maksud.

4. Olololo

Secara kebetulan, jika Anda berkirim pesan dalam bahasa Rusia menggunakan alfabet Sirilik, sistem penulisan yang digunakan oleh lebih dari 50 bahasa, seperti Slavik, Turki, dan Persia - itu juga akan tampak seperti xaxaxa.

Tapi kalau Anda ingin benar-benar orisinal, Anda bisa menggunakan kata Olololo (atau олололо dalam alfabet Sirilik).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini