nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ramai COVID-19, Cara Menparekraf Wishnutama Dongkrak Kunjungan Wisman

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 08:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 13 406 2167678 ramai-covid-19-cara-menparekraf-wishnutama-dongkrak-kunjungan-wisman-zK96C9oSks.jpg Menparekraf Wishnutama bicara dampak COVID-19 ke sektor pariwisata. (Foto: Dimas/Okezone)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama punya cara mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Karenanya, jumlah wisman ke Indonesia menurun jumlahnya, sejak merebaknya penyakit COVID-19.

Menparekraf Wishnutama mengakui, merebaknya penyakit COVID-19 di banyak negara, membuat kunjungan wisman ke Indonesia menurun. Wishnutama pun telah menyiapkan sejumlah strategi khusus untuk mendatangkan wisman ke Tanah Air.

wishnutama

"Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi dampak (COVID-19) secara keseluruhan di sektor pariwisata. Memang tidak mudah, tapi harus kita lakukan yang terbaik," terang Wishnutama di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020.

Wishnutama menambahkan, seluruh tindakan akan dilakukan secara komprehensif. Sehingga industri pariwisata dalam negeri mampu bertahan di tengah hantaman isu kesehatan ini.

Selain itu, sambungnya, bukan dari penerbangan, hotel dan restoran saja yang ikut andil, namun juga Kemenparekraf mengajak lembaga lain untuk bersinergi.

"Bukan hanya maskapai penerbangan saja, tetapi juga hotel, restoran, dan elemen-elemen pariwisata lainnya," bebernya.

Pria yang akrab disapa Tama itu mengatakan, selama ini Kemenparekraf dan Kementerian Perhubungan juga tengah merancang proposal khusus yang nantinya akan diajukan kepada Presiden Joko Widodo. Isi proposalnya sendiri akan diwarnai oleh masukan-masukan yang diberikan pihak maskapai, hotel, dan restoran yang terdampak COVID-19.

wisatawan china

"Rencananya, setelah mendengar masukan dari pihak maskapai, hotel dan restoran, lusa proposalnya akan langsung diajukan kepada Presiden Joko Widodo," ungkapnya.

Kemenparekraf, kata Tama, juga berencana mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo, untuk memberikan intensif khusus. Sehingga kondisi pariwisata di dalam negeri tetap berjalan lancar dan baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini