nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COVID-19 Menyerang China, Menparekraf Wishnutama Berharap Berkah Wisman Eropa dan Amerika

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 13:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 406 2167815 covid-19-menyerang-china-menparekraf-wishnutama-berharap-berkah-wisman-eropa-dan-amerika-501cCrWGhY.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MEREBAKNYA penyakit Coronavirus Disease 19 (COVID-19) di berbagai negara, membuat banyak orang enggan berlibur. Indonesia ikut kena imbasnya, karena sejak dua bulan wabah COVID-19 terjadi, tak banyak wisatawan mancanegara (wisman) berlibur

Hal itu diakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama. Dia mengatakan, buntut dari wabah COVID-19, membuat jumlah kunjungan wisman ke Indonesia jumlahnya menurun, khususnya dari China.

turis china

"Ada tren menurun juga untuk berwisata, ada kecenderungan sepi," ucapnya ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020.

Tercatat data 2019, sebanyak dua juta wisman China berlibur ke Indonesia. Dengan total spending sekira USD2,8 miliar atau Rp39 triliun.

Sementara akibat wabah COVID-19, terjadi penurunan wisman asal China yang cukup signifikan. Menparekraf Wishnutama berencana mengalihkan promosi wisata ke sejumlah negara alternatif, seperti Eropa dan Amerika.

"Promosi bisa dialihkan sementara ke Eropa dan Amerika. Selain itu, kita akan terus mencari negara-negara berpotensi lainnya," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini