nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkes Pertimbangkan Beri 'Surat Kelulusan' ke WNI di Natuna

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 12:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 481 2167769 kemenkes-pertimbangkan-beri-surat-kelulusan-ke-wni-di-natuna-j9Z2N28C05.jpg WNI dikarantina di Hanggar Lanud Raden Sadjad Natuna. (Foto: Twitter/Kemenkes RI)

OPTIMIS sehat, sekira 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjalani karantina Coronavirus Disease 19 (COVID-19) di Natuna, bakal dipulangkan akhir pekan ini. Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) segera mengumumkan hasil akhir tes kesehatan selama 14 hari.

wni

Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2) Kemenkes RI, Anung Sugihantono, mengatakan, Kemenkes RI menjamin para WNI di Natuna tidak menunjukkan gejala COVID-19 sebelum pulang. Pemerintah pun tetap melakukan observasi setelah mereka dipulangkan.

"Yang kita jamin adalah selama observasi tidak ada gejala tanda yang mengarah ke infeksi nCov (COVID. Saat akhir observasi dalam keadaan sehat," kata Anung saat dihubungi Okezone.

Lalu, apa bentuk jaminan yang diberikan kepada 238 WNI dari Wuhan saat benar-benar dinyatakan sehat? Anung mengatakan, sedang memikirkan teknisnya, apakah diberi sertifikat atau dalam bentuk lainnya.

wni

"Sedang dipikirkan teknisnya," terangnya.

Rencananya, para WNI dari Wuhan yang menjalani karantina COVID-19 bakal dipulangkan Sabtu 15 Februari 2020. Namun, Kemenkes RI belum mengatur skema kepulangan para WNI ke kota asal masing-masing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini