nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rawat Pasien COVID-19, Sejumlah Perawat Cukur Rambut hingga Botak

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 13 481 2167919 rawat-pasien-covid-19-sejumlah-perawat-cukur-rambut-hingga-botak-m4tFY43OXI.png Para perawat mencukur rambutnya (Foto: Twitter)

Pengorbanan dan kerja keras para petugas tenaga medis sungguh luar biasa. Apalagi saat penyakit COVID-19 menyerang Wuhan seperti sekarang ini.

Contohnya beberapa perawat perempuan di China yang bertugas di rumah sakit di Wuhan, Provinsi Hubei, China ini. Mereka berjuang keras merawat pasien COVID-19  penuh  totalitas.

perawat mencukur rambutnya

Seperti dilapor Business Insider, Kamis (13/2/2020), beberapa perawat di Wuhan mencukur rambut mereka hingga benar-benar habis, alias sampai botak.

Mereka mencukur rambutnya hingga habis untuk mengurangi peluang terkena kontaminasi virus Korona Wuhan saat bertugas di rumah sakit merawat pasien.

Mencukur rambut sampai botak, benar-benar plontos ini hanya salah satu contoh dari pengorbanan para petugas medis. Apalagi mereka bertugas sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah epidemik ini.

Dalam video yang diunggah oleh media cetak terbesar di China, People’s Daily, tayangan video tersebut menunjukkan aksi para perawat yang berasal dari Provinsi Shaanxi mencukur rambut mereka hingga botak sebelum pergi menuju Wuhan.

Selain untuk kealasan perlindungan diri, dengan tidak memiliki rambut juga disebutkan juga sangat membantu teknis bekerja sehari-hari. Sebab dapat membantu mempersingkat waktu sekaligus mempermudah saat mengenakan dan melepaskan setelan lengkap alat pelindung diri.

Semakin singkat waktu yang diperlukan oleh para petugas medis saat bersiap-siap, maka semakin banyak waktu yang bisa digunakan untuk merawat pasien. Termasuk juga contoh pengorbanan lainnya, seperti mengenakan popok khusus dewasa, ketimbang mengambil waktu untuk ke kamar mandi.

Belum lagi pengorbanan lainnya, mulai dari kulit yang terputihkan dari cairan disinfektan, sampai terdapat bekas-bekas garis di kulit wajah karena selalu mengenakan masker pelindung wajah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini