nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Tramadol, Psikotropika yang Dikonsumsi Lucinta Luna

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 16:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 13 481 2167959 mengenal-tramadol-psikotropika-yang-dikonsumsi-lucinta-luna-NEBbMMT3Dy.jpg Lucinta Luna (Foto : Heru/Okezone)

Lucinta Luna positif mengonsumsi narkotika. Karena perbuatannya itu, kini ia ditahan di Polda Metro Jaya.

Berdasar hasil pemeriksaan, Lucinta Luna diketahui mengonsumsi dua jenis psikotropika, yaitu Riklona dan Tramadol. Dua obat ini diduga Lucinta Luna konsumsi untuk mengatasi stresnya.

Tapi, apakah Tramadol memang bisa memberikan efek tenang pada penggunanya?

Tramadol sendiri merupakan obat pereda nyeri, baik dalam level sedang hingga berat pada orang dewasa. Namun, obat ini tidak disarankan dikonsumsi jangka panjang dengan alasan meredakan nyeri.

Lucinta Luna

Penggunaan Tramadol yang berlebihan dan tidak sesuai resep dokter akan meningkatkan risiko kejang. Risiko semakin buruk jika obat ini digabungkan dengan antidepresan lainnya.

Disadur dari Drugs.com, obat ini juga tidak direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah pernapasan, masalah di area perut dan usus, atau mereka yang baru saja mengonsumsi alkohol. Jika dipaksakan, risiko terparahnya adalah kematian.

Mereka yang menggunakan Tramadol sebagai obat penenang nantinya akan ketergantungan dan efek sampingnya antara lain napas pendek, denyut jantung lambat, mudah pusing, hingga pingsan.

So, bagaimana obat ini bereaksi di tubuh?

Pada beberapa orang, obat ini akan memberi respons seperti agitasi, halusinasi, demam, berkeringat, menggigil, detak jantung cepat, otot kaku, kehilangan keseimbangan, mual, muntah, hingga diare. So, malah memberi efek buruk kan ke tubuh? Lantas mengapa masih mau mengonsumsinya hanya demi alasan mencari ketenangan?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini