nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips agar Stres Tak Rusak Kualitas Tidur

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 21:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 481 2168135 4-tips-agar-stres-tak-rusak-kualitas-tidur-R4i0SV1x3G.jpg Ilustrasi (Foto : Boldsky)

Pernahkah Anda susah untuk memejamkan mata di malam hari karena beban pikiran? Bisa jadi penyebabnya adalah stres.

Kalau sudah begini, stres bisa merusak kualitas tidur malam Anda. Lalu, bagaimana solusinya? Melansir dari Thesun, berikut empat tips untuk mendapatkan tidur berkualitas :

Menulis keluhan di buku harian

Ternyata bukan hanya anak-anak saja yang membutuhkan buku harian. Namun juga orang dewasa. Buku harian ternyata menjadi salah satu hal penting yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Bagaimana caranya?

Sebelum pergi tidur, sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk menulis semua keluhan-keluhan yang membuat beban di pikiran Anda. Menulis keluhan di buku harian sebelum tidur dapat melepaskan stres pada otak dan membuat Anda lebih rileks dalam tidur.

Menulis Buku

Membaca buku

Membaca buku bukan hanya dapat menambah wawasan dan menjadi jembatan ilmu. Ternyata, membaca buku dapat berdampak baik pada kualitas tidur. Singkirkanlah sejenak laptop dan ponsel Anda 30 menit sebelum pergi tidur. Mulailah membaca buku atau novel kesukaan dan nikmatikan 'me time'. Membaca buku dapat menghindarkan Anda untuk menonton televisi. Selamat mencoba!

Matikan lampu

Penting untuk beristirahat yang baik di malam hari untuk menunjang tubuh agar kembali fir beraktifitas keesokan harinya. Nah, walaupun terdengar sepele, ternyata mematikan lampu ketika tidur dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Tidur dengan lampu mati alias gelap dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda terbebas dari depresi. Jauhkan perangkat apapun yang bersinar, seperti ponsel atau laptop Anda. Biarkan kamar tidur Anda dalam kondisi gelap dan rasakan manfaatnya.

Tidur

Konsultasi pada apoteker

Tak perlu ditanyakan lagi bahwa Insomnia dapat memiliki efek merugikan pada kehidupan Anda sehari-hari. Menurut dr Ebrahim masalah insomnia dapat membaik setelah berkonsultasi dengan apoteker.

"Mereka adalah seorang profesional dalam bidang perawatan kesehatan yang sudah terlatih. Mereka dapat menawarkan saran ahli dan merekomendasikan bantuan untuk membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan tidur berkualitas,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini