nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Cokelat Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Ahli Gizi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 14:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 481 2168407 makan-cokelat-bisa-bikin-gemuk-ini-kata-ahli-gizi-GcDlQdD91B.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Hari Valentine selalu identik dengan cokelat. Banyak orang yang memberikan cokelat kepada pasangan mereka sebagai bentuk cinta dan kasih sayang.

Namun sayangnya, meski rasa kudapan ini begitu lezat dan menggugah selera, ada rumor yang mengatakan terlalu banyak makan camilan khas Valentine bisa bikin badan gemuk dan berujung pada obesitas.

Nah, untuk menjawab persoalan ini, Okezone telah melakukan wawancara khusus dengan Ati Nirwanawati, Ahli Gizi dari RSUD Tanjung Priok. Dia membenarkan bahwa cokelat bisa menaikkan berat badan dan memicu obesitas bila dikonsumsi secara berlebihan.

"Cokelat itu mengandung lemak dan kalori karena terbuat dari campuran produk dairy dan gula. Apalagi cokelat susu yang sering kita temukan di supermaket. Bila dikonsumsi secara berlebihan, tidak menutup kemungkinan berat badan akan bertambah," terang Ati.

Dark Chocolate

Sebagai gantinya, Ati merekomendasikan cokelat hitam atau dark chocolate yang dinilai rendah kalori dan mengandung senyawa flavonoid dan antioksidan. Kandungan ini diklaim ampuh memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas dan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Meski cokelat hitam diklaim lebih sehat, bukan berarti kudapan ini tidak memiliki kandungan lemak dan kalori. Semua kandungan itu ada meski tidak sebanyak cokelat susu.

Perlu diingat kembali bahwa WHO telah merekomendasikan asupan lemak sebaiknya tidak lebih dari 30% dari asupan total energi per hari. Ini setara dengan 67 gram lemak per hari, jika total kebutuhan energi Anda per hari 2000 kalori.

Nah, bila di Hari Valentine ini Anda mendapat banyak cokelat dari pasangan maupun kerabat terdekat, jangan langsung berbangga hati hingga akhirnya berujung kalap.

"Tips dari saya makanlah cokelat secara bertahap, tidak sekali habis. Enggak usah takut cokelat itu rusak atau meleleh, asalkan penyimpanannya benar. Tinggal taruh saja di kulkas," ujar Ati.

"Selain itu, bisa juga dibarengi dengan menyantap makanan berserat seperti buah-buahan. Kebanyakan orang kalap makan cokelat, karena kudapan ini tidak mengandung serat sehingga tidak menimbulkan rasa kenyang," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini