nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Gejala Bayi Keracunan Air Sebelum Terlambat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 14 481 2168750 kenali-gejala-bayi-keracunan-air-sebelum-terlambat-kYY0O3lBkE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAYI usia di bawah 6 bulan, memang tidak boleh diberikan air putih. Pasalnya, Ginjal mungil seorang bayi tidak bisa menangani begitu banyak air.

Hal ini lantaran tubuh orang dewasa mengandung sekira 55 hingga 60 persen air, sementara bayi terdiri dari 75 persen air. Selain tidak boleh memberi air putih kepada bayi di bawah enam bulan, orangtua juga diharapkan agar tidak terlalu mengencerkan susu formula kepada anak.

Dokter Anak di Johns Hopkins Children's Center, Jennifer Anders mengatakan, Anda juga harus menjauhkan bayi dari kolam renang, atau setidaknya memastikan kepala mereka tetap di atas air.

orangtua juga diharapkan agar tidak terlalu mengencerkan susu formula kepada anak.

Pasalnya jika seorang bayi merunduk ke bawah permukaan air, maka dapat menyebabkan air terhisap secara tidak sengaja. Hindari pula memberikan minuman pediatrik pengganti elektrolit kecuali jika diresepkan secara khusus oleh dokter apabila terjadi dehidrasi.

"Orangtua juga tidak boleh memberi bayi apa pun untuk diminum selain ASI atau susu formula yang diencerkan dengan benar," kata dia seperti dilansir The List, Jumat (14/2/2020).

"Jika Anda berpikir seorang bayi telah mengonsumsi air dalam jumlah berapa pun, maka penting untuk mengetahui adanya tanda-tanda keracunan air," tambah dia.

Ciri-ciri tersebut antara lain seperti iritabilitas, kantuk, suhu tubuh rendah, wajah yang bengkak dan kejang. Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, Anda harus segera membawa bayi Anda ke rumah sakit.

Mungkin dokter akan memberikan larutan saline intravena untuk mengembalikan kadar natrium ke tempat yang seharusnya. Namun, apabila selama buah hati Anda mendapatkan perawatan medis segera, seharusnya tidak ada efek buruk yang timbul dari hal tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini