nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Fakta Kesehatan Payudara Wanita: Dipijat Bikin Besar?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 14 485 2168588 cek-fakta-kesehatan-payudara-wanita-dipijat-bikin-besar-uwKJQyPGxn.jpg Ilustrasi. (Instagram/moannn)

BANYAK perempuan merasa kurang percaya diri dengan ukuran payudaranya. Alhasil, banyak yang ingin memperbesar dengan minum obat yang menjanjikan bisa menambah ukurannya atau cara lain.

Salah satu cara yang diyakini sebagian perempuan untuk membesarkan payudara adalah dengan teknik pijatan. Ada pula minyak yang diyakini bisa membesarkan “aset” perempuan ini. Benarkah?

ilustrasi

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan Rumah Sakit Pondok Indah, Dr dr Kanadi Sumapraja, SpOG(K), MSc, menjelaskan, payudara tidak akan bisa besar dengan teknik pijatan atau menggunakan minyak khusus. Pada dasarnya, payudara bisa membesar karena diberi rangsangan.

"Jadi, kalau membesar dengan cara dipijat-pijat, itu enggak benar. Namun yang sebenarnya terjadi, payudara hanya menegang saja," katanya pada Okezone saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Dokter Kanadi melanjutkan, terkait dengan penggunaan minyak, dirinya mengaku sampai sekarang belum ada penelitian, yang membahas hal tersebut. Sehingga sulit untuk dibuktikan secara medis.

Lagipula, kata dia, memang secara genetika ada beberapa ras yang dikaruniai payudara kecil dan payudara besar. Sebaiknya ini yang harusnya diperhatikan perempuan.

"Intinya, anggapan memijat payudara bisa memperbesar ukurannya secara permanen, itu tidak benar. Namun, pijatan memang bisa membuatnya jadi tegang, itu benar," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini