Sampai di Rumah, WNI dari Natuna akan Dicek Kembali Kesehatannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 481 2168846 sampai-di-rumah-wni-dari-natuna-akan-dicek-kembali-kesehatannya-Lzz0Q11jSN.jpg WNI di Natuna siap dipulangkan (Foto: Okezone)

Pemerintah siap melepaskan WNI yang ada di lokasi observasi Natuna, Kepulauan Riau pada Sabtu (15/2/2020).

Mereka semua sudah selesai melewati masa observasi dan hasilnya semua sehat tanpa ada kurang sedikit pun. Rencananya, WNI dari lokasi observasi Natuna ini akan dipulangkan pukul 12 siang.

 WNI menjalani masa observasi

Mereka nantinya akan mendarat di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta sekitar pukul 16.00.

Pihak keluarga pun dipersilakan untuk menjemput langsung para WNI yang pulang dari Natuna tersebut. Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menegaskan, tidak perlu khawatir tentang kesehatan mereka, karena mereka semua sehat.

Kemudian, apa yang akan dilakukan Kementerian Kesehatan setelah para WNI dari observasi Natuna itu sudah di rumah masing-masing?

Menurut Menkes Terawan, mereka akan dilakukan pengecekan kesehatan berkala atau yang disebut surveilans tracking. Jadi, mereka tetap akan dicek kesehatannya untuk beberapa waktu ke depan.

"Setelah pulang kita minta kepada Dinas Kesehatan agar memantau mereka. Ini dikerjakan otomatis," kata Terawan dalam video yang dibagikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Twitter resmi mereka, @BNPB_Indonesia.

Terawan menegaskan, pemeriksaan yang dilakukan pada para WNI ini tidak dipantau terus menerus seperti intel. "Bukan kayak inteligen diperiksa, tidak, ini sebuah pengamatan yang sifatnya nyaman dan kekeluargaan, sehingga tidak membuat resah. Pemantauan ini dilakukan secara kekeluargaan," tambahnya.

Terkait jangka waktu pemantauan, Terawan mengatakan, diamati saja. "Nanti akan ada laporan. Kuncinya, dilakukan secara kekeluargaan, tidak dilakukan pemantauan yang dilakukan ke orang sakit. Inget lho, ini orang sehat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini