nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulang Karantina Natuna, WNI dari Wuhan Dapat Surat Keterangan Sehat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 11:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 15 481 2168883 pulang-karantina-natuna-wni-dari-wuhan-dapat-surat-keterangan-sehat-sbQbAMgynw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KARANTINA Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Korona, akan berakhir pada pukul 12.00 WIB siang nanti. Mereka pun dinyatakan tidak terkena virus korona atau COVID-19, sehat dan boleh pulang ke rumah masing-masing.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan, mereka yang sudah menjalani karantina selama 14 hari ini dalam kondisi sehat. Bahkan, untuk menjamin kesehatan tersebut Menkes Terawan akan memberikan surat rekomendasi yang menyatakan mereka dalam keadaan sehat.

"Begitu mereka selesai observasi itu sudah dibekali surat keterangan kesehatan. "Observasi sudah selesai, WHO bilang sudah tidak apa," kata Menkes Terawan di Natuna.

Terawan akan memberikan surat rekomendasi yang menyatakan mereka dalam keadaan sehat.

Menurutnya, sebenarnya observasi selama 14 hari tersebut sudah sesuai dengan standar WHO. "Standar WHO observasi dua minggu sudah bebas, mau pakai teori apa lagi?" tutur dia.

Sekadar informasi, WNI yang sudah selesai melewati masa observasi dan hasilnya semua sehat tanpa ada kurang sedikit pun. Rencananya, WNI dari lokasi observasi Natuna ini akan dipulangkan pukul 12 siang.

Mereka nantinya akan mendarat di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta sekitar pukul 16.00.

Pihak keluarga pun dipersilakan untuk menjemput langsung para WNI yang pulang dari Natuna tersebut. Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menegaskan, tidak perlu khawatir tentang kesehatan mereka, karena mereka semua sehat.

Selain pemerintah, Komisi IX DPR juga akan ikut menjemput kedatangan 238 WNI itu di Bandara Halim Perdanakusuma.

DPR pun menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan dan jajaran BNPB, TNI, Polri, serta Pemerintah Kabupaten Natuna dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh komponen lainnya yang sudah membantu tahapan-tahapan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini