Kisah Cinta Pasangan Lansia, Setia Meski Istri Lumpuh Sejak Usia 20 Tahun

Mas Haidar, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 196 2169338 kisah-cinta-pasangan-lansia-setia-meski-istri-lumpuh-sejak-usia-20-tahun-qwR9HzhKr0.jpg Sumber Foto: Laman Shanghaiist

Du Yuanfa, seorang pria lanjut usia (lansia) tinggal di suatu desa kecil di Sunjiayu, Provinsi Shandong, China Timur, lebih dari setengah umurnya ia curahkan untuk merawat istrinya. Kekasihnya, Zhou Yu'ai cuma bisa terbaring di tempat tidur karena didiagnosis mengidap penyakit langka yang membuat sekujur tubuhnya lumpuh ketika dia berusia 20 tahun.

Pada 959, Du Yuanfa sedang bekerja di tambang batu bara di Kota Tai'an, lalu ia menerima surat yang memberitahu bahwa istrinya sakit dan tak bisa bangun dari tempat tidur alias lumpuh. Tak pikir panjang ia bergegas menuju rumah dan mengecek keadaan istrinya.

Sesampainya di rumah Du Yuanfa mendapati belahan jiwanya sudah kaku di atas tempat tidur, tidak dapat membalikkan bahkan memegang benda-benda di tangannya.

Dilansir dari Shanghaiist pada Minggu (16/2/2020), hal itu terjadi ketika mereka baru menikah selama lima bulan, namun Du bersumpah untuk merawat istrinya selamanya.

 

Sumber Foto: Laman Shanghaiist

Tidak ingin menyerah dengan keadaan, dengan penuh rasa ikhlas, dia tetap merawat Zhou yang hanya bisa tergolek lemah di ranjang. Du juga memutuskan untuk berhenti bekerja di tambang batu karena terlalu jauh dan memustuskan untuk merawat istrinya setiap hari.

Teman-teman menyarankan Du Yuanfa untuk menceraikan istrinya dan mencari pasangan lain karena waktu itu umurnya terbilang masih sangat muda, tetapi dia menolak, rasa cinta kepada istrinya sangat dalam.

Pasangan ini tinggal di rumah sederhana yang hanya dibangun dari batu. Dalam enam dekade sejak mereka menikah, Du memutuskan untuk bekerja sebagai petani agar tidak jauh-jauh sang istri.

Setiap harinya Du menyuapi, membersihkan tempat tidur, merebus obat-obatan tradisional dan terkadang membawanya ke rumah sakit yang berbeda untuk konsultasi.

Kisah cintanya yang tulus begitu menyentuh tetangga-tetangganya sehingga mereka sering mengunjunginya untuk memberikan bahan-bahan makanan dan obat-obatan. Bahkan pemerintah setempat telah mendaftarkan pasangan itu sebagai peneriman bantuan.

Meski sudah tua, Du Yuanfa tidak henti-henti mencari cara agar istrinya bisa sembuh, kerap kali ia melakukan perjalanan ke pegunungan China yang terpencil untuk mencari resep obat herbal. “Jangan khawatir, aku akan merawatmu selamanya,” ujar Du Yuanfa kepada istrinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini