Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Terpapar Radiasi Nuklir

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 481 2169200 ini-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-terpapar-radiasi-nuklir-22K8scLoUG.jpg Ilustrasi. (Emphower)

BERKACA dari temuan paparan radiasi radioaktif atau nuklir di area tanah kosong sekitar Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Anda harus tahu bahayanya untuk kesehatan tubuh. Kira-kira dampak apa saja ya yang muncul?

Dilansir Okezone dari situs resmi WHO, Minggu (16/2/2020), radiasi nuklir atau disebut radiasi pengion adalah jenis energi yang dilepaskan oleh atom, dalam bentuk gelombang atau partikel elektromagnetik. Jenis energi yang dilepaskan oleh atom yang bergerak biasanya dalam bentuk gelombang elektromagnetik (gamma atau sinar-X), serta partikel (neutron, beta atau alfa).

radiasi nuklir di serpong

Seseorang dapat saja terpapar dari sumber alami radiasi nuklir, seperti di tanah, air dan vegetasi. Selain itu, dapat juga terpapar pada sumber buatan manusia, seperti sinar-x dan peralatan medis.

Paparan radiasi dapat terjadi secara internal atau eksternal, kemudian diperoleh melalui berbagai jalur paparan. Paparan internal terhadap radiasi ion terjadi ketika radionuklida dihirup, dicerna, atau dimasukkan ke dalam aliran darah. Misalnya dengan injeksi atau melalui luka.

Sementara itu, paparan eksternal dapat terjadi ketika bahan radioaktif di udara. Sseperti debu, cairan, atau aerosol disimpan di kulit atau pakaian. Jenis bahan radioaktif ini seringkali dapat dihilangkan dari tubuh hanya dengan mencuci.

luka bakar

Seseorang dapat saja terpapar radiasi pengion dalam keadaan yang berbeda. Baik di rumah atau di tempat-tempat umum, di tempat kerja atau secara medis

Jika Anda terpapar, ada bahaya yang muncul dalam tubuh. Anda dapat mengalami luka bakar kulit atau sindrom radiasi akut, jika terpapar dosis radiasi melebihi tingkat tertentu. Dalam jangka panjang pun paparan radiasi ion dapat meningkatkan risiko kanker loh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini