nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulit Bayi Baru Lahir Gelap saat Dewasa Akan Putih, Mitos atau Fakta?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 15:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 17 481 2169716 kulit-bayi-baru-lahir-gelap-saat-dewasa-akan-putih-mitos-atau-fakta-Yudkq5kzTC.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Mitos mengenai bayi di masyarakat banyak sekali. Salah satunya adalah masalah warna kulit. Ya, banyak anggapan yang beredar menjelaskan bahwa bayi yang saat lahir warna kulitnya gelap, besarnya akan putih. Kepercayaan ini pun sepertinya diamini masyarakat sampai sekarang. Tapi, apakah anggapan itu benar adanya?

Dokter Spesialis Anak RS Awal Bros Tangerang dr. Robert Soetandio, SpA, menerangkan, saat bayi baru lahir, kulit mereka itu masih tipis. Kulit yang tipis ini membuat pembuluh darah di bawah kulit dapat terlihat lebih jelas dan warna kulitnya bersemu merah jambu.

Kandungan pigmen di dalam kulit bayi yang baru lahir pun masih sedikit. Perlahan-lahan, sejak lahir hingga memasuki usia 2 bulan, kulit bayi akan menebal, bertambah jumlah pigmennya dan karena hal ini berubah menjadi lebih gelap.

"Fase perubahan warna kulit ini umumnya berlangsung selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. Setelah 6 bulan, warna kulit bayi biasanya adalah warna kulitnya yang tetap atau permanen," ungkapnya pada Okezone melalui pesan singkat, beberapa waktu lalu.

Nah, penentuan warna kulit bayi itu bagaimana? Benarkah karena gen?

Bayi Baru Lahir

Dokter Robert menerangkan, warna kulit ini diwarisi bayi dari kedua orangtuanya. Namun bisa juga perubahan warna kulit dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kondisi kesehatan.

Ya, karenanya penting bagi orangtua untuk selalu memerhatikan kondisi kulit bayi, misalnya jika perubahan warna kulit bayi tampak sangat kontras atau terjadi dengan cepat. Perubahan warna kulit bayi ini dapat dipengaruhi karena ketidakcocokan bayi pada sabun atau produk perawatan kulit yang dipakainya. "Coba teliti kembali," sambungnya.

Selain karena itu, ada alasan lain kenapa kulit bayi menggelap tidak wajar. Dikatakan dr Robert, kulit bayi menggelap akibat dijemur terlalu lama.

"Para ahli menyarankan Anda menjemur bayi tidak lebih dari 15 menit dan dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 8 dengan membelakangi matahari. Bayi juga perlu tetap mengenakan pakaian saat dijemur karena kulitnya masih sangat tipis dan sensitif," katanya.

Menjadi perhatian penting untuk seluruh orangtua bahwa jika tidak ada kekhawatiran iyang disebutkan sebelumnya, namun bayi mengalami perubahan warna kulit secara drastis, Anda perlu membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini