nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Membuat Kakak Adik Selalu Akur di Rumah

Tiara Syifa, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 18 196 2170452 5-cara-membuat-kakak-adik-selalu-akur-di-rumah-DxQdI31AMO.jpg Ilustrasi. (Todaysparent)

MENGHADAPI anak yang susah akur pasti membuat ayah dan ibu pusing. Nah, peran orangtua dalam mengasuh anak di sini sangatlah penting.

Peran tersebut dapat berguna untuk tumbuh kembang anak. Maka dari itu, setiap orangtua harus memiliki cara efektif, agar tercipta ikatan yang sehat antaranak. Terkadang perasaan antara anak satu dengan yang lainnya bisa saja tidak baik.

Hal ini dapat memiliki efek jangka panjang dan berubah menjadi persaingan yang lebih serius. Di sinilah peran orangtua dibutuhkan.

Anda dapat melakukan banyak hal untuk mencegah persaingan yang lebih serius. Anda juga bisa membantu mereka untuk belajar lebih rukun, juga saling menghargai satu sama lain. Selain itu, mengajarkan anak-anak untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang baik.

Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Selasa (18/2/2020), berikut adalah beberapa tips pengasuhan untuk yang dapat membentuk ikatan anak satu sama lainnya. Yuk simak moms!

Tetapkan peraturan keluarga

kids

Buatlah aturan agar anak-anak Anda mengetahui batasan yang ada. Beri tahu apa yang boleh dan tidak untuk mereka lakukan. Hal itu juga dapat mencakup perkataan yang harus mereka hindari terhadap satu sama lain.

Jika anak melanggar hal tersebut, mintalah mereka saling meminta maaf atau berikan konsekuensi yang sudah disepakati.

Buat rutinitas harian

Anak-anak bisa saja tidak sepakat jika memahami rutinitas di keluarga. Tetapkan rutinitas harian untuk hal-hal sederhana, seperti siapa yang menggunakan kamar mandi terlebih dahulu di pagi hari, siapa yang duduk di kursi mana, siapa yang melakukan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Jadikan diri Anda sebagai contoh

Orangtua merupakan teladan utama bagi anak. Jika dapat menyelesaikan permasalahan dengan pasangan tanpa berkelahi, maka secara tidak langsung Anda sudah memberikan pelajaran yang baik.

Mereka akan belajar menyelesaikan masalah dengan tenang dan penuh hormat. Jika menginginkan mereka meminta maaf, Anda juga harus belajar melakukannya terlebih dahulu.

Ajarkan tentang kerja tim

Jangan membuat anak-anak Anda bersaing satu sama lain, meskipun hanya dalam hal permainan. Buatlah mereka berada di dalam satu tim, ajarkan mereka untuk bekerja sama. Anda dapat mengajarkan si sulung untuk membantu sang adik dalam studi dan project.

Berikan pujian

ilustrasi

Menghargai anak-anak Anda atas apa yang sudah mereka lakukan merupakan hal yang baik. Tetapi, jika ingin memuji salah satu anak Anda, lakukanlah secara pribadi. Jangan memuji di depan anak Anda yang lain, karena menurut ahli kesehatan mental itu dapat menimbulkan kecemburuan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini