nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Benar Minum Susu Bikin Anak Tumbuh Tinggi Ideal?

Mas Haidar, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 18 481 2170339 apa-benar-minum-susu-bikin-anak-tumbuh-tinggi-ideal-86OmaHJqjQ.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MINUM susu sering dianggap dapat menambah pertumbuhan tinggi anak secara sempurna. Apa benar itu berpengaruh ya?

Dilansir Okezone dari TheList, seorang antropolog, Andrea Wiley, yang telah mempelajari isu ini selama bertahun-tahun. Dia mengatakan bahwa minum susu untuk pertumbuhan berasal dari pemahaman intuitif.

minum susu

Dijelaskan lebih lanjut, pertumbuhan tubuh seseorang lebih erat kaitannya dengan genetika dari pada faktor eksternal. Tinggi seseorang ditentukan oleh gen yang diwarisi, serta tidak dapat diubah dengan cara apapun.

“Menurut saya, seseorang hanya dapat tumbuh sesuai dengan potensi genetik,” ujar Andrea Wiley.

Saat masih kecil, mungkin semua anak diwajibkan untuk meminum susu setiap hari oleh orangtuanya. Susu memang menjadi sumber kalsium baik, yang punya beragam manfaat.

Susu dapat membantu memperkuat tulang serta manfaat lainnya. Nah, bila dalam sehari terlalu banyak minum susu, kira-kira apa ya yang terjadi pada tubuh?

Sebuah studi tahun 2014 mengatakan, perempuan yang minum tiga gelas atau lebih, setiap hari memiliki dua kali lipat risiko penyakit kardiovaskular.

Seorang profesor ilmu bedah Swedia, Karl Michaelsson, mengatakan bahwa susu mengandung tinggi lemak. Kemudian segelas susu juga mengandung kalori sebanyak 149 per gelas. Ketika seseorang minum banyak susu, dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Kemudian jika muncul dampak masalah pencernaan saat masa kanak-kanak Anda, produk susu adalah mungkin salah satu penyebabnya. Karena susu bisa menjadi manfaat apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya.

Dalam sehari paling tidak anak-anak minum dua hingga tiga gelas susu per hari. Minum terlalu banyak susu juga bisa membuat anak merasa kenyang. Sehingga ia menjadi tidak mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini