Viral Rujak Diganjal Timun, Tipuan Tingkat Tinggi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 612 2170544 viral-rujak-diganjal-timun-tipuan-tingkat-tinggi-duurFcRgtM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HIMBAUAN bagi para pencinta kuliner untuk lebih berhati-hati saat membeli rujak di pinggir jalan. Hal ini menyusul sebuah video yang viral di media sosial.

Ya, beberapa hari lalu beredar sebuah video kocak sekaligus miris yang diunggah oleh akun Twitter @virgodess_. Dalam video tersebut, seorang wanita tampak memamerkan rujak yang baru saja dibelinya di depan lampu merah.

Sekilas, olahan rujak yang dia dapatkan itu terlihat begitu segar dan menggugah selera. Pada bagian atasnya terdapat potongan bengkuang, pepaya, nanas, mangga, lengkap dengan bumbu yang terbuat dari campuran gula merah halus dan cabai rawit.

Namun saat dia membalikkan kemasan rujak, betapa kagetnya dia melihat potongan timun berukuran besar tampak memenuhi hampir seluruh kemasannya.

Ya, alih-alih mendapatkan beragam potongan buah dan sayuran segar, ternyata sebagian besar isi rujak yang dia beli itu dipenuhi oleh mentimun hijau. Dalam arti lain, irisan buah-buahan sebelumnya hanya dijadikan kamuflase atau pengalih, agar kemasan rujak lebih terlihat menggoda.

"Halo gaes, rencana tuh pengen beli ini ya, gara-gara tadi yang jual itu adek-adek kasian harganya Rp8 ribu. Terus ta kasih Rp10 ribu enggak usah kembalian. Dan ternyata timun-timun tok besar-besar banget.. Ya Allah," tuturnya.

Video kocak ini pun sontak menarik perhatian sejumlah netizen. Bahkan, hingga berita ini dituliskan video itu telah dibagikan lebih dari 19 ribu kali, dan dibanjiri ratusan komentar.

Tak sedikit netizen yang terkesima melihat strategi sang penjual rujak dalam menjajakan dagangannya, meski terkesan menipu pembeli.

"Wanjer gilaa, timunnya bisa ditanem lagi," tulis akun @scarfingerr.

"Seenggaknya knp enggak diiris tipis baru ditumpuk si timun nya dek. Setebel itu gmn mam nyaaaaaaa," tulis akun @septemberbabe_.

"Aku suka cara mbaknya tertawa dan memilih menertawakan apa yang telah terjadi," tulis akun @Azzahradira.

"Tertyvu, btw gua juga sering ketipu tukang dagang gituan klo beli moci dipuncak 90% isinya bedak wkwkwk," tulis akun @miripslena.

Bagaimana Okezoners? Setelah melihat unggahan ini, sebaiknya lebih teliti lagi ketika hendak membeli rujak dipinggir jalan. Kecuali bila memang Anda sangat menyukai timun mentah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini