Resep Udang Telur Asin untuk Bekal Anak ke Sekolah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 298 2171089 resep-udang-telur-asin-untuk-bekal-anak-ke-sekolah-rLlt1dvocS.jpg Udang telur asin untuk bekal anak. (Foto: Instagram/@ichasavitry)

BINGUNG besok mau bawakan bekal apa saat anak ke sekolah? Enggak usah khawatir Moms, coba deh masak udang telur asin, rasanya mantap!

Selain lezat, hidangan ini termasuk salah satu masakan yang paling praktis untuk diolah. Anda hanya perlu menyediakan beberapa bumbu pelengkap, lalu tumis bersama udang selama beberapa menit. Mudah bukan?

Daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan resep lengkap udang telur asin, seperti dikutip dari akun Instagram @ichasavitry, Rabu (19/2/2020).

udang telur asin

Bahan:

32 ekor udang ukuran sedang, cuci bersih

1 telur ayam, kocok lepas

3 sdm air jeruk nipis/lemon

3 siung bawang putih, iris halus

3 cm jahe, parut

3 buah cabai merah keriting, iris halus

1 sdm bubuk lada hitam

Garam secukupnya

4 sdm minyak goreng

1/2 gelas air

100 gr bubuk telur asin, siap pakai

Irisan daun bawang secukupnya, untuk taburan

Cara membuat:

1. Kupas udang, belah dan bersihkan punggungnya;

2. Dalam wadah, lumuri udang dengan air jeruk nipis/lemon. Campur rata dengan telur kocok dan bubuk lada hitam. Sisihkan;

2. Panaskan minyak pada wajan. Tumis bawang putih, jahe, dan cabai hingga wangi. Masukkan campuran udang. Ketika udang berubah warna, tuang air. Aduk rata. Masak hingga udang matang dan kuah mengental. Koreksi rasa dengan menambahkan garam. Aduk rata. Pindahkan udang pada wadah;

3. Dengan sisa kuah di wajan, masukkan bubuk telur asin. Aduk hingga berbuih. Masukkan kembali udang. Aduk rata hingga udang tertutup rata dengan bubuk telur asin. Matikan api. Sajikan selagi panas dengan taburan daun bawang.

(dwk)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini