nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menparekraf Wishnutama : Finalisasi Pemberian Insentif Pariwisata Akan Ditetapkan Hari Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 07:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 19 406 2170645 menparekraf-wishnutama-finalisasi-pemberian-insentif-pariwisata-akan-ditetapkan-hari-ini-ecbcDtYz5t.jpeg Menparekraf Wishnutama (Foto : Dimas/Okezone)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif-Menparekraf Wishnutama Kusubandio menegaskan bahwa pemerintah berencana memberikan insentif khusus untuk industri pariwisata, sebagai respons dari merebaknya kasus virus corona (CVOID-19) sejak dua bulan terakhir.

Penyebaran virus ini secara nyata membawa dampak bagi sektor pariwisata nasional. Hal tersebut bisa dilihat dari menurunnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan pembatalan-pembatalan paket wisata yang dikemukakan oleh Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) beberapa waktu lalu. "Penurunannya tinggi sekali sampai 80%. Dan ini bukan cuman yang hendak beli paket perjalanan saja, tetapi juga potensial lost ke depannya termasuk cancellation atau pembatalan," tutur Menparekraf Wishnutama saat ditemui di Hotel Santika, Jakarta Barat, belum lama ini.

Menanggai hal tersebut, Menparekraf Wishnutama mengatakan, pihaknya dan kementerian terkait telah melakukan rapat terbatas guna membicarakan skema pemberian insentif, termasuk wacana diskon tiket pesawat yang digadang-gadang akan turun sekira 25-30% dari harga normal.

"Jadi gini kemarin kami sudah ratas dan hari ini eselon 1 sudah bahas beberapa hal, termasuk pemberian diskon serta potensi lain yang bisa kita kasih dan hal-hal lain yang bisa kita lakukan juga," ujarnya saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Kemanparekraf, Jakarta Pusat, Selasa 18 Februari 2020.

Menparekraf Wishnutama

Tama menambahkan, finalisasi pemberian insentif dipastikan baru akan dikeluarkan hari ini, Rabu (19/2/2020), setelah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Harus difinalisasi lagi oleh Menkeu dan Menhub untuk dapat mengeluarkan istilahnya insentif yang lebih komprehensif lah. Sehingga dampaknya bisa betul-betul membantu industri pariwisata bukan hanya sekadar menghadapi virus korona, terap juga kedepanya bisa memiliki dampak positif," ungkapnya.

Selain pemberian insentif, Kemenparekraf juga ingin meningkatkan pergerakkan wisatawan Nusantara (wisnus) dengan mendorong kementerian dan lembaga untuk melakukan kegiatan semacam MICE.

Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan di destinasi-destinasi yang mendapatkan dampak cukup besar akibat isu virus korona. Contoh paling sederhana adalah Bali, Bintan, dan Sulawesi Utara yang menjadi destinasi favorit para wisman, terutama yang berasal dari China.

"Intinya, besok (hari ini) kita akan matangkan lagi dengan Menkeu dan Menhub. Jadi secara detail saya belum bisa jelaskan karena belum diputuskan. Nanti saya jelaskan pada saat diputuskan," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini