nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

GERD Tidak Sebabkan Penyakit Jantung, Apalagi Kematian Mendadak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 16:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 19 481 2170931 gerd-tidak-sebabkan-penyakit-jantung-apalagi-kematian-mendadak-xbCUELbOqD.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

AKTOR Ashraf Sinclair meninggal dunia di usia 40 tahun akibat serangan jantung. Padahal sebelumnya, suami Bunga Citra Lestari (BCL) itu dikabarkan tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Hal ini pun membuat masyarakat was-was, sampai akhirnya banyak yang informasi salah beredar di media sosial. Seperti salah satunya pesan berantai di WhatsApp Group, yang menjelaskan bahwa penyakit jantung bisa disebabkan oleh GERD.

nyeri dada

Seperti ini sebagian isi pesan berantai tersebut;

Suami BCL katanya meninggal karena serangan jantung dalam usia 40 tahun. Ada teman dokter yang bilang kemungkinan karena GERD yang menekan jantung hingga tidak berfungsi.

Wallahu a'lam bisshowab..

Terlepas dari cerita almarhum suami BCL, Kenapa orang bisa meninggal karena asam lambung?

#GERD atau MAAG

Apa itu Gerd? (Gastroesofagal Refluks). Hati-hati, orang meninggal mendadak akibat GERD

#Mau tahu akibat dari GERD?

#Jika asam lambung itu naik ke daerah dada maka kelak di seputar dada akan terasa panas seperti terbakar.

#Jika naik mengenai area jantung maka ritme detak jantung bisa terganggu sehingga jantung bisa berdebar-debar dan mendadak berhenti.

Pesan tersebut diketahui ditulis oleh dr Imam Susilo. Tidak dijelaskan lebih lanjut, siapa dokter tersebut. Bahkan, di pesan itu ditambahkan keterangan 'Share. Tidak perlu izin'.

OkezoneĀ mengonfirmasi langsung kepada Spesialis Penyakit Dalam Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP. Dengan tegas, Prof Ari menyatakan itu adalah hoax.

"Itu kabarĀ hoax," tegasnya melalui pesan singkat, Rabu (19/2/2020).

Prof Ari menyesalkan adanya informasi tersebut. Dia menegaskan, GERD tidak bisa menyebabkan langsung terjadinya kematian. Sekali pun GERD bisa menyebabkan komplikasi pada paru-paru.

"Rasa panas di dada seperti terbakar itu memang terjadi pada pasien GERD. Tapi ini tidak ada kaitannya dengan masalah jantung," tambahnya.

Kondisi tersebut menjadi salah satu gejala utama GERD. Selain panas, pasien GERD juga akan mengalami nyeri di dada.

Ketika rasa panas di dada muncul, ini biasanya disertai dengan mulut pahit. Karena ada asam yang baik (regurgitasi).

Nah, terkait dengan komplikasi yang disebabkan GERD, dr Ari menegaskan sekali lagi bahwa GERD memang bisa menyerang organ lainnya. Hal ini terjadi karena asam lambung atau isi lambung yang naik.

"Kondisi itu bisa menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan yang awalnya hanya luka. Luka tersebut bisa semakin luas dan menyebabkan penyempitan kerongkongan bawah," kata Prof Ari.

Ia bahkan menjelaskan bahwa GERD yang sudah parah, dapat menyebabkan perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan, yang menyebabkan penyakit Barret's yang merupakan lesi pra kanker.

"Jadi, tidak benar itu kalau GERD menyebabkan masalah pada jantung dan akhirnya menyebabkan kematian mendadak," tegasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini