Wanita yang Terlalu Kurus Sulit Hamil Loh!

Mas Haidar, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 481 2171074 wanita-yang-terlalu-kurus-sulit-hamil-loh-g8XfKy0yIp.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

WANITA yang terlalu kurus diklaim sulit hamil, walau sudah lama menikah. Ada beragam faktor pemicunya yang harus diatasi.

Spesialis Kandungan dari RSPI Puri Indah & RSIA Grand Family PIK Jakarta, dr Thomas Chayadi, SpOG, mengatakan, perempuan dengan berat badan yang kurang memiliki masalah juga dalam kesuburan. Hal ini juga harus menjadi catatan agar tak berdampak buruk, seperti sulit hamil.

bumil

"Wanita dengan underweight mempunyai risiko hampir dua kali lipat untuk mengalami gangguan kesuburan (sulit hamil)," ucapnya lewat keterangan tertulis yang diterima Okezone.

Oleh karena itu, bila wanita terlalu kurus, harus memperbaiki status gizinya. Hal itu dilakukan demi mengembalikan fungsi fertilitas dan dampak buruk lainnya dari IMT yang rendah.

Selain itu, wanita yang terlalu kurus juga memiliki masalah pada hormon seks yang rendah. Sehingga menyebabkan gangguan ovulasi, haid dan nafsu seks yang rendah.

Untuk mengatasi itu semua, ia menyarankan kepada wanita yang terlalu kurus, harus mengatur pola makan yang seimbang. Jalani pula gaya hidup yang sehat, agar berat tubuhnya menjadi ideal.

"Bila berat badan sudah ideal tapi tak kunjung mendapat buah hati, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter," simpulnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini