nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal GERD yang Sering Dikira Orang Penyakit Jantung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 09:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 20 481 2171280 mengenal-gerd-yang-sering-dikira-orang-penyakit-jantung-Ps9XVfZeAK.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Pernah mengeluhkan nyeri di dada hingga terasa seperti terbakar dan ada sesuatu yang ingin keluar dari dalam tubuh? Awas, itu adalah tanda-tanda sederhana GERD.

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit yang banyak dialami masyarakat. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Konsultan GERD dr Ari Fahrial Syam, SpPD, dari 1.200 koresponden, 50 persen mengalami GERD (2015).

Namun, di tengah masyarakat kita masih banyak anggapan yang mengatakan, GERD ini berelevansi dengan penyakit jantung, salah satunya karena adanya rasa nyeri di dada.

Menurut Dokter Spesialis Jantung RS Awal Bros Bekasi Timur dr. Ronaldi, SpJp, keluhan GERD dan penyakit jantung memang memiliki kesamaan yaitu nyeri di ulu hati.

"Dalam dunia kedokteran jantung, keluhan ini disebut dengan istilah nyeri alih atau nyeri yang menyerupai GERD padahal keluhan tersebut adalah gangguan atau serangan jantung," terang dr Ronaldi melalui siaran pers yang dibagikan pihak rumah sakit pada Okezone, Kamis (20/2/2020).

Heartburn

Kemudian, bagaimana cara membedakan dua penyakit ini?

Dokter Ronaldi menjelaskan, hal ini bisa dilihat dari momen kemunculan rasa nyeri tersebut. Untuk penyakit jantung, ciri fisik yang dapat dikenali adalah Angina Pektoris atau nyeri dada yang sifatnya khas yaitu nyeri dada kiri hingga menembus ke belakang sampai menjalar ke tangan kiri.

"Ciri fisik lain dari penyakit jantung adalah keluhan sesak napas yang mana biasanya kondisi ini terjadi dengan perasaan napas berat hingga sering berdebar-debar. Pada beberapa kelompok pasien jantung juga mengalami keringat dingin," ungkap dr Ronaldi.

Nah, banyak kasus kematian mendadak karena gejala yang terjadi ini diabaikan begitu saja. Karena itu, bagi pasien penyakit jantung, ketika gejala fisik ini terjadi, harus segera lapor dokter spesialisnya.

Sementara itu, menurut Konsultan GERD dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, gejala umum GERD itu ada dua, nyeri di dada dan bisa merasakan panas di dada seperti terbakar (heart burn). "Biasanya nyeri dada ini diikuti juga dengan kondisi mulut pahit karena asam lambung naik (regurgitasi)," paparnya pada Okezone melalui pesan singkat.

GERD

Lantas, apakah GERD berkaitan langsung dengan penyakit jantung?

Dokter Ronaldi menegaskan tidak. Sebab, meskipun keluhannya sama atau mirip, bukan berarti GERD menyebabkan serangan jantung atau sebaliknya.

"Saya jelaskan, kenapa penderita GERD itu merasakan seperti ada yang terbakar di ulu hati, ini karena jantung letaknya berdekatan dengan ulu hati. Makanya, ada rasa seperti itu, tapi tidak kemudian memberi efek pada irama jantung," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini