5 Pola Makan Sehat untuk Cegah Sakit Jantung

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 481 2171303 5-pola-makan-sehat-untuk-cegah-sakit-jantung-zjQhFsrD53.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Dunia hiburan Tanah Air dikejutkan dengan meninggalnya Ashraf Sinclair. Suami Bunga Citra Lestari (BCL) itu meninggal karena serangan jantung.

Pemberitaan mengenai Ashraf Sinclair meninggal karena masalah jantung mungkin mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan organ vital tersebut. Meski serangan jantung bisa saja menyerang orang-orang seperti Ashraf Sinclair yang menurut penuturan keluarga menjalani gaya hidup sehat.

Namun, tak ada salahnya untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung dengan menjalani gaya hidup sehat. Salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat seperti yang dilansir dari Mayoclinic berikut ini :

Makan sayuran dan buah-buahan

Kandungan vitamin dan mineral pada sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Diketahui makanan tersebut juga memiliki serat yang banyak dan kalori yang lebih rendah. Sayuran dan buah-buahan seperti tanaman nabati mengandung zat yang berperan dalam mencegah penyakit kardiovaskular atau jantung. Dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran akan mengurangi kalori dan

Makan Sehat

Gandum utuh

Biji-bijian utuh merupakan sumber serat yang baik dan bernutrisi yang berfungsi dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Biji-bijian ini dapat berupa roti gandum, sereal, beras merah,dan oatmeal. dengan begitu Anda akan dapat terhindar dari risiko serangan jantung.

Batasi lemak tidak sehat

Dengan membatasi jumlah lemak jenuh dan tidak jenuh pada makanan seperti daging, keju, cocoa butter, minyak kelapa, sawit, saus krim dan sebagainya. Dengan adanya batasan mengkonsumsinya akan bermanfaat mengurangi kolesterol darah, dan menurunkan risiko terkena penyakit arteri koroner. Jika kadar kolesterol darah Anda tinggi akan berisiko mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Jadi batasi dan kurangi makanan diatas agar terhindar dari masalah tersebut.

Makanan dengan protein rendah lemak

Makanan seperti ikan, daging, telur, dan produk susu rendah lemak adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Apalagi ikan, diketahui beberapa ikan seperti salmon dan mackerel memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan lemak darah. Tidak hanya ikan, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein, rendah lemak dan tidak ada kolesterol.

Ikan Salmon

Makanan yang rendah natrium

Makanan yang mengandung banyak natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang akhirnya berpengaruh pada jantung. The American Heart Association menyarankan bahwa, konsumsi garam pada orang dewasa tidak lebih dari 2.300 miligram (mg) sodium sehari atau sekira satu sendok teh. Jadi untuk menghindari terjadinya penyakit jantung Anda dapat mulai melakukan pola makan yang sehat seperti pemaparan di atas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini