nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COVID-19 Tak Sampai ke Indonesia, Kemenkes Lebih Khawatir dengan Flu Babi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 11:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 20 481 2171328 covid-19-tak-sampai-ke-indonesia-kemenkes-lebih-khawatir-dengan-flu-babi-ZjIOyWVfYl.jpg Mencegah Virus Korona. (Foto: Okeozne)

VIRUS korona Wuhan atau yang disebut COVID-19 memang belum masuk ke Indonesia. Tapi bukan berarti orang Indonesia tidak bisa kena virus tersebut.

Memang, sudah ada beberapa kasus yang mirip dengan COVID-19 terjadi.Tercatat, sebanyak 112 spesimen virus telah diperiksa oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI pada 12 Februari 2020.

Beruntung, dari seluruh spesimen yang berhasil dikumpulkan, virus COVID-19 dikonfirmasi masih belum terjadi di Indonesia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto menegaskan bahwa COVID-19 adalah penyakit yang bersumber dari luar Indonesia, dan bisa menular di Indonesia akibat dibawa oleh para WNI atau WNA dari negara yang terdampak.

menular di Indonesia akibat dibawa oleh para WNI atau WNA dari negara yang terdampak.

"Hingga saat ini masih belum ada kasus confirm positif, di seluruh wilayah Indonesia," jelas Yuri di Jakarta.

Malah, hasil pemeriksaan tersebut justru lebih banyak ditemukan virus flu tipe H1N1. Virus H1N1 atau virus flu babi (swine flu) adalah istilah untuk salah satu jenis influenza.

Nama babi atau swine ini muncul karena gen virus penyebabnya mirip dengan virus influenza yang menyebabkan penyakit flu pada babi.

"Kebanyakan H1N1 ini yang kita anggap sebagai virus yang lazim di dalam influenza. tapi kita harus diteliti lagi jangan-jangan ada mutasi lagi di H1N1 sehingga menimbulkan keluhan yang lebih berat," kata dia.

Sebagaimana diketahui H1N1 atau yang lebih dikenal sebagai Flu Babi yang sempat menyerang pada 2009 memang telah menggemparkan masyarakat Indonesia. Namun saat ini H1N1 kini telah menjadi penyakit yang sudah dianggap biasa di Indonesia.

Yuri menjelaskan masyarakat Indonesia seharusnya lebih waspada terhadap virus H1N1 ketimbang COVID-19 karena akan berdampak lebih buruk apabila terjadi mutasi.

“Seharusnya masyarakat Indonesia harus waspada terhadap flu seasonal (H1N1), karena ini asli Indonesia kalau dia macam-macam (mutasi) nanti akan banyak yang kena. H1N1 kan anak sini, kalau COVID-19, kan anak sana," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini