5 Makanan yang Bersahabat dengan Perut Penderita GERD

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 481 2171360 5-makanan-yang-bersahabat-dengan-perut-penderita-gerd-mxwVDecXUH.jpg Makanan yang bersahabat untuk penderita GERD (Foto : Vistaknoll)

Penderita GERD harus menghindari makanan asam, pedas, ataupun daging berlebih. Mereka juga tidak boleh mengonsumsi minuman bersoda, kopi, juga alkohol.

Semua panganan itu memengaruhi asam lambung yang bisa keluar dari 'tempatnya' menuju kerongkongan. Kalau GERD ini sudah terjadi, maka penderita akan mengalami kondisi yang tidak nyaman dan jika dibiarkan, akan mengalami komplikasi serius.

Nah, jika Anda sulit untuk menentukan makanan dan minuman apa saja yang baik untuk perut penderita GERD, dilaporkan About GERD, ternyata ada beberapa makanan yang dianggap bersahabat.

Sebelumnya, laman ini menegaskan bahwa penderita GERD tidak harus membatasi asupan makanan. Mereka hanya perlu memilah makanan apa saja yang baik untuk asam lambungnya. Jadi, tidak perlu khawatir sulit makan karena GERD yang diderita.

So, makanan apa saja yang bersahabat dengan perut penderita GERD?

1. Buah dan sayur

Penderita GERD disarankan untuk mengontrol asupan jeruk dan lemon yang asam. Selain buah itu, penderita GERD boleh mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, pir, apel, dan melon. Buah-buahan ini dianggap bersahabat dengan perut penderita GERD.

Sementara itu, untuk sayurannya, dikatakan bahwa semua sayur baik untuk penderita GERD. Hanya saja, menjadi catatan bahwa tidak boleh Anda menggunakan topping atau saus di atas sayuran yang tinggi lemak atau penggunaan tomat dan bawang.

Pisang

2. Daging rendah lemak

Penderita GERD juga sebetulnya boleh makan daging, tapi dengan catatan tidak berlebihan. Kemudian, pemilihan dagingnya patut menjadi perhatian. Salah satu yang cukup direkomendasikan adalah mengonsumsi telur. Jika Anda merasa mual makan keseluruhan, karena kuning telur mengandung tinggi lemak, yang putihnya saja sudah cukup.

Selain itu, makan daging tanpa lemak juga diperbolehkan untuk penderita GERD. Makanan berlemak tinggi dan makanan yang digoreng cenderung menurunkan tekanan esophageal sphincter (LES) yang lebih rendah dan menunda pengosongan lambung, sehingga meningkatkan risiko refluks. Saran makan daging tanpa lemaknya dipanggang atau direbus, ya.

3. Karbohidrat kompleks

Jika Anda ragu untuk makan nasi, maka sangat disarankan untuk mendapatkan karbohidrat dari oatmeal, roti gandum, atau couscous. Semua ini karbohidrat kompleks yang baik untuk asam lambung.

Kentang dan umbi-umbian juga bisa jadi pilihan sumber karbohidrat sehat lainnya. Sekali lagi, jangan tambahkan bawang ke dalam menu makanan ini, ya.

4. Ikan

Ikan mengandung lemak sehat yang tinggi. Dengan begitu, Anda diperbolehkan makan ikan, tentunya yang segar dan sesuai dengan kemampuan tubuh menerimanya. Sebab, tak sedikit juga dari Anda yang alergi seafood.

Ikan Tuna

5. Permen karet

Siapa bilang permen karet jahat untuk penderita GERD? Keliru! Sebab, dengan mengunyah permen karet, itu meningkatkan air liur dan mengurangi jumlah asam dalam esofagus. Catatan di sini ialah jangan pilih permen karet rasa peppermint, ya.

Sebagai tambahan, setelah Anda makan, usahakan untuk berjalan kecil karena ini baik untuk membantu mendorong cairan lambung mengalir ke arah yang benar. Ingat, jangan langsung tidur setelah makan!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini