nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Dianggap Sepele, GERD Ternyata Bisa Sebabkan Komplikasi Serius

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 13:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 20 481 2171453 sering-dianggap-sepele-gerd-ternyata-bisa-sebabkan-komplikasi-serius-UobKWxNjk7.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit yang sangat berkaitan dengan asam lambung. Ketika asam lambung keluar dan naik ke kerongkongan, maka nyeri dan rasa terbakar di dada akan muncul.

Karena itu, penderita GERD sudah harus mengatur asupan makanan dan minuman mereka dengan bijak. Tidak telat makan dan kurangi stres juga menjadi anjuran yang selalu diingatkan dokter.

Penderita GERD ternyata tidak hanya berjibaku dengan nyeri dan rasa terbakar di dada. Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, GERD bisa menyebabkan komplikasi serius di tubuh penderitanya. Jadi, GERD bukan penyakit kecil, itu berbahaya.

"GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Hal ini terjadi karena asam lambung atau isi lambung yang naik, dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan," ungkap dr Ari melalui pesan singkanya pada Kamis 20 Februari 2020.

Luka di dinding dalam kerongkongan ini awalnya memang luka biasa, tapi kalau dibiarkan terus dapat meluas dan bisa menyebabkan penyempitan kerongkongan bawah. Bahkan, pada beberapa kasus GERD dapat menyebabkan perubahan struktur dinding dalam kerongkongan yang menyebabkan terjadinya penyakit Barret's yang merupakan lesi pra kanker.

Selain mengakibatkan masalah di saluran cerna, asam lambung yang tinggi akibat GERD juga dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Sebut saja pada gigi, hidung, tenggorokan, pita suara, bahkan hingga ke paru-paru. Ini dia yang dimaksud dengan komplikasi ke organ tubuh lain.

Jadi, komplikasi apa saja yang bisa muncul karena GERD? Jika asam lambung itu sudah mencapai gigi, maka masalah yang bakal terjadi adalah erosi dental atau gigi berlubang. Kemudian, jika sampai ke tenggorokan, GERD dapat menyebabkan faringitis kronis. Lalu, jika asam lambung sampai ke sinus, ini akan menyebabkan sinusitis.

Tidak berhenti di sana, ketika penderita GERD tak mengontrol faktor risiko, asam lambung yang tinggi juga dapat menyebabkan rusaknya pita suara atau laringitis hingga masalah saluran pernapasan bawah atau asma. Lebih parahnya lagi, jika asam lambung itu sampai ke paru-paru, risiko mengalami fibrosis paru idiopatik sangat mungkin terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini