Ingin Cepat Hamil, Inilah Hormon yang Bertanggung Jawab

Mas Haidar, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 481 2171703 ingin-cepat-hamil-inilah-hormon-yang-bertanggung-jawab-0s8OQYmTR7.jpg Ilustrasi. (Parryscope)

SEBELUM hamil kaum hawa harus memeprsiapkan banyak hal. Termasuk menjaga hormon, dari kebiasaan gaya hidup sehat.

Spesialis Kandungan dari RSPI Puri Indah & RSIA Grand Family PIK Jakarta, dr Thomas Chayadi, SpOG, mengatakan, ada beberapa hormon yang dapat membantu tumbuh kembang janin sebelum hamil. Pertama adalah hormon honadotropin.

bakal hamil

"Pada tubuh terdapat aksis hipotalamus hipofisis ovarium. Aksis ini menghasilkan hormon gonadotropin yang berperan untuk merangsang pembentukan dan pematangan sel telur," katanya lewat keterangan tertulis yang diterima Okezone.

Selain itu, tambah Dokter Thomas, sebelum hamil setiap perempuan agar selalu memperhatikan produksi hormon estrogen dan progesteron. Karena penting dalam mempersiapkan dinding rahim, untuk menerima embrio untuk berimplantasi dan terjadi kehamilan.

kehamilan

"Gangguannya bisa berupa karena nutrisi yang kurang baik atau terdapat gangguan pada fungsi organ tersebut. Sehingga penting sekali untuk memeriksakan diri ke dokter, selain mengonsumsi makanan yang sehat karena untuk memastikan penyebab gangguan tersebut," ujarnya.

Hormon tersebut harus selalu dicek terus menerus agar pertumbuhan janin menjadi sempurna. Dokter Thomas menjelaskan, bila salah satu dari hormon ini terganggu, maka harus diperiksa apakah penyebab gangguan tersebut.

Selain itu, ia menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi makan yang bergizi. Sehingga pada akhirnya, membantu menurunkan risiko keguguran dan menjaga kehamilan agar tetap sehat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini