nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mood Kerja Lagi Jelek? Coba Bangkitkan dengan 6 Cara Ini

Kamis 20 Februari 2020 14:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 20 612 2171452 mood-kerja-lagi-jelek-coba-bangkitkan-dengan-6-cara-ini-Kq6CS9Gunt.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SITUASI di kantor memang tidak selamanya menyenangkan. Mungkin terkadang ada titik di mana Anda merasa jenuh dan tidak ingin bekerja. Tapi, the show must go on, Anda tidak bisa menghindari pekerjaan yang datang ada ANda.

Memang, terkadang ada saja hal yang membuat kita bad mood, entah itu padatnya aktivitas atau rasa lelah yang timbul saat bekerja membuat Anda lebih sensitif dibandingkan ketika Anda semangat saat bekerja.

Mood swing saat bekerja ini bukan hanya membuat pekerjaan Anda tertunda, tapi juga mempengaruhi teman kerja. Seperti dilansir dari Solopos, ada beberapa cara untuk meningkatkan mood di tempat kerja.

Mendengarkan Musik

Sebuah penelitian menunjukkan dengan mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat meningkatkan mood seseorang setidaknya selama dua minggu. Musik juga mampu membuat Anda menjadi lebih ceria.

Musik ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai terapi untuk mengurangi gejala depresi, melawan stres, dan meningkatkan konsentrasi, memperbaiki memori, dan menjaga kesehatan otak.

Studi tersebut dilakukan pada 54 perawat yang mendengarkan musik menenangkan selama 30 menit.

Mengutip psychcentral, ada pula hasil studi yang menyatakan mendengarkan musik dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres (kortisol). Studi tersebut dilakukan pada 54 perawat yang mendengarkan musik menenangkan selama 30 menit.

Maka dari itu, dengarkanlah musik favorit Anda agar semangat Anda kembali bangkit. Saat perasaan bosan muncul di kantor, pastikan Anda mendengarkan musik menggunakan earphone agar rekan kerja yang lain tidak terganggu.

Jalan-jalan ke Luar Kantor

Salah satu penyebab Anda bad mood bisa jadi karena bosan dengan rutinitas yang Anda lalui setiap hari di kantor. Berdiam diri lama di depan komputer dan melakukan hal yang sama setiap harinya akan membuat Anda jenuh. Anda membutuhkan suasana baru untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut.

Luangkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan ke luar kantor atau ruangan untuk merefreshkan pikiran Anda. Carilah tempat yang bisa membuat Anda senang dan melupakan sejenak beban pikiran.

Ngemil atau Menghirup Aroma

Mungkin dengan ngemil, Anda bisa mengatasi bad mood yang sedang melanda di kantor. Makanlah camilan kesukaan Anda untuk mengurangi perasaan kesal atau tidak enak. Ada baiknya jika Anda ngemil dalam porsi cukup, jangan berlebihan, karena itu justru tidak baik untuk kesehatan Anda.

Bawalah camilan sehat ketika Anda hendak ke kantor, seperti almond yang kaya akan omega 3, cokelat hitam, biskuit, buah atau sepaket oatmeal untuk mengganjal rasa lapar di perut.

Tidak hanya ngemil makanan, minum juga bisa jadi cara untuk mengatasi rasa bad mood. Ketika Anda menghirup aroma vanila yang lembut atau aroma kopi, mungkin rasa stres yang Anda alami akan berkurang.

 vanila yang lembut atau aroma kopi, mungkin rasa stres yang Anda alami akan berkurang.

Curhat dengan Rekan Kerja

Saat bad mood melanda, tiba-tiba Anda hanya ingin bersantai dan refreshing. Namun perlu diingat, Anda tidak bisa meninggalkan pekerjaan di kantor hanya karena ingin bersantai menghilangkan penat. Ketika Anda berada di kantor, cobalah untuk curhat dengan rekan kerja agar perasaan menjadi sedikit lega.

Carilah rekan kerja yang Anda percaya bisa menjaga rahasia Anda dan dapat memberikan solusi yang baik untuk masalah Anda. Namun, jangan gunakan waktu bekerja untuk cuhat ya, Anda bisa mengajaknya pergi makan siang bersama tanpa mengurangi waktu kerja kalian.

Atur Pernapasan

Anda harus memperhatikan pernapasan saat diliputi rasa penuh tekanan, marah, lelah, hingga stres. Mengatur napas dianggap menjadi salah satu cara terbaik untuk menghadapi rasa bosan atau bad mood. Secara ilmiah, kekuatan napas terbukti berguna untuk memperlambat kerja jantung dan menghilangkan stres, terutama pada masa-masa penuh tekanan.

Selain itu manfaat lain dari mengatur pernapasan adalah mampu menghambat pikiran negatif, membantu menenangkan pikiran saat Anda sedang khawatir, dan mampu menghubungkan Anda dengan spiritual yang baik.

Nonton video lucu

Bila memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk melihat video lucu atau inspiratif di Youtube. Carilah video yang bisa membuat Anda bahagia. Dengan tertawa mungkin bisa membuat Anda menjadi kembali semangat bekerja dan tidak bad mood lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini