nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Ekspresi Tertawa via Teks Negara Lain, Nomor 2 Jajaja

Sabtu 22 Februari 2020 07:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 20 612 2171719 4-ekspresi-tertawa-via-teks-negara-lain-nomor-2-jajaja-RpL5ppVC9L.jpg Perempuan tertawa saat texting (Foto: Panda Gossips)

Sebagai manusia era modern, kita pasti suka mengirim pesan via teks lewat Whatsapp. Saat mengirim pesan via teks, kita tak jarang mengirimkan pesan berisi ekspresi tertawa untuk menunjukkan kegembiraan kepada teman, kekasih, dan keluarga.

Ternyata eskpresi tertawa itu sifatnya tidak universal. Jika di Tanah Air kita menunjukkan ekspresi tertawa via teks dalam bentuk wkwkwkwkwkwk atau wakakakakakak. Ternyata terdapat 4 emotikon negara lain yang berbeda. Simak ya!

 tertawa via teks

1. Kiekie

Dalam bahasa Lingala, bahasa Bantu yang digunakan oleh lebih dari delapan juta masyarakat Republik Demokratik Kongo dan negara-negara tetangganya di Afrika ekspresi tertawa dituliskan kiekie. Beda sekali dengan di Indonesia ya!

 

2. Jajaja

Ekspresi tertawa via teks dalam bahasa Spanyol dituliskan dengan kata Jajaja. Sebenarnya, dalam bahasa Spanyol formal kamu harus menulis "Ja, ja, ja", tapi kebanyakan orang menggunakan jajaja - atau bahkan jajajajaaaa jika mereka tertawa terpingkal-pingkal.

Kamu juga bisa terdengar lebih bijaksana saat tertawa dengan hanya menuliskan je saja. Namun jejeje untuk terkekeh nakal. Sedangkan jijiji untuk tertawa licik ketika usil melakukan sesuatu.

3. mdr

Nah, kalau yang ini bukan onomatopoeia. Dalam bahasa Prancis, bunyi sebuah tertawa sering ditulis hahaha... tetapi orang Prancis kerap lebih memilih untuk mengetik mdr.

Kenapa? Karena itu adalah kepanjangan dari mort de rire (tertawa setengah mati) dan pastinya lebih cepat untuk diketik.

4. lwkmd

Seperti dilansir BBC, di Nigeria, orang lebih memilih menggunakan singkatan lucu, bukan karena lebih singkat, tapi karena lebih terkesan empatik. Diambil dari penafsiran bahasa Inggris pidgin yang agak bebas, lwkmd adalah kepanjangan dari laugh wan kill me die - yang berarti tertawa sampai mati karena ini benar-benar lucu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini