nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Balas Dendam jika Ada Teman Kerja yang Iri

Jum'at 21 Februari 2020 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 21 196 2172102 jangan-balas-dendam-jika-ada-teman-kerja-yang-iri-OB5CyQpNsS.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

PUNYA teman kerja yang punya sifat iri pasti membuat suasana kerja jadi tidak nyaman. Tak usah merasa terganggu, ada cara mudah untuk menghadapinya.

Bersikaplah tenang dan positif saat punya teman yang suka iri. Selain itu ada hal lain yang harus Anda lakukan agar nyaman menghadapi teman kerja yang suka iri.

Dilansir Okezone dari Solopos, Jumat (21/2/2020), berikut cara yang bisa dilakukan saat menghadapi teman yang punya sifat iri. Yuk simak!

Rendah hati

teman kerja

Jika Anda dianugerahi talenta, bakat atau prestasi dari Tuhan, jangan pernah menyombongkan itu semua di hadapan orang lain. Tidak semua orang ikut senang atas hasil yang Anda capai. Persaingan di dunia kerja memanglah ketat, jangan beranggapan bahwa semua orang akan memberikan respons baik kepada Anda.

Dengan mengumbar banyaknya prestasi yang sudah Anda raih kepada rekan kerja Anda, justru keadaan yang muncul akan menjadi buruk. Tanamkan sikap rendah hati. Sikap ini menjadi salah satu nilai kehidupan yang cukup penting diterapkan ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Bila ternyata mereka sudah mengetahui prestasi Anda tanpa perlu Anda umbar, berikanlah semangat atau motivasi kepada mereka. Katakanlah bahwa mereka juga pasti bisa seperti Anda. Ada baiknya Anda menghindari sikap merasa paling tahu dan pintar, bila mereka tidak memintamu untuk mengajari mereka, lebih baik Anda cukup memberikan motivasi saja.

Jangan mengajari mereka dengan lagak paling mengerti. Tekankan kepada mereka bahwa apa yang Anda raih itu sebenarnya tak lepas dari bantuan rekan kerja, semua ini dicapai karena hasil dari kerja tim, bukan individu.

Ucapkan terima kasih kepada mereka karena sudah menjadi rekan kerja yang baik untuk Anda. Berikan kata-kata motivasi seperti memberi pengertian bahwa setiap manusia memiliki waktu sendiri-sendiri dalam mencapai kesuksesannya. Dengan sikap demikian, diharapkan rasa iri yang mereka taruh kepadamu dapat hilang secara perlahan.

Jaga profesionalitas

Pegawai memang selalu dituntut untuk bersikap profesional dalam bekerja. Tunjukkanlah sikap profesional saat Anda bekerja. Hal ini menandakan bahwa diri Anda memiliki integritas lebih baik ketimbang mereka yang iri terhadap Anda.

Hindari sikap kekanak-kanakan seperti menolak beberapa tugas dengan melibatkan orang yang iri tersebut. Tak hanya dicap tidak profesional, hal ini juga akan memengaruhi penilaian kredibilitas Anda dalam bekerja.

Bersikaplah sewajarnya, bertindak layaknya tidak terdapat masalah apapun di dalam hubungan kalian. Terlebih ketika ia membutuhkan bantuanmu di dalam kesusahan saat bekerja, bantulah ia secara tulus dan semampumu. Jangan harapkan imbalan yang besar darinya.

Jangan balas dendam

Semarah apapun Anda kepada rekan kerja yang iri dengan Anda, jangan pernah berpikiran untuk membalas dendam kepadanya. Hilangkan pikiran buruk tersebut. Sikap tersebut hanya akan membuat perseteruan di antara kalian tidak akan kunjung berakhir. Tunjukkanlah sikap elegan tanpa harus mengejek atau menggunjingnya di hadapan semua orang.

Jika ingin memberikan klarifikasi atas segala gosip yang sudah merebak tentang Anda, katakanlah dengan lembut dan jujur apa adanya. Ceritakanlah yang sebenarnya terjadi kepada orang sekitar bahkan atasan Anda. Katakan juga kepada orang-orang bahwa jangan menjauhi orang yang iri kepada Anda itu. Sebab, orang yang iri kepada Anda hanya sedang berada di jalan yang salah dan harus diluruskan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini