Gara-Gara COVID-19, Harga Durian Musang King Turun Drastis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 21 298 2171889 gara-gara-covid-19-harga-durian-musang-king-di-malaysia-turun-drastis-PC47lhD9n6.jpg Durian Musang King (Foto : Herworld)

Virus corona Wuhan (COVID-19) tak hanya menggemparkan masyarakat dunia karena penyebarannya yang sangat cepat. Tak hanya itu, COVID-19 juga membuat harga buah durian asal Malaysia menurun dengan tajam.

Adalah Musang King, jenis durian terkenal asal Negeri Jiran tersebut mengalami penurunan yang signifikan sebagai dampak penyebaran COVID-19. Seorang pedagang durian asal Penang, Tan Chee Keat mengatakan masyarakat kini bisa menemukan Musang King dengan harga mulai dari RM24 atau Rp78 ribu hingga RM33 atau Rp108 ribu saja.

Tentunya hal ini sangatlah tidak biasa, mengingat harga durian jenis Musang King masih memiliki harga yang cukup mahal yakni sekira RM55 atau setara Rp180 ribu. Para pedagang durian mengaku beberapa negara sengaja menunda pengiriman durian karena takut terinfeksi COVID-19.

Durian King

Sebagaimana dilansir dari World of Buzz, Jumat (21/2/2020) para pedagang mengaku ekspor telah mengalami penurunan sekira 70 persen, terutama pada pasar China.

“Sayang sekali karena pasokan durian di Penang pasti akan lebih dari cukup karena cuaca panas yang panjang,” terang Tan.

Selain itu pedagang lainnya juga mengalami penurunan penjualan sebesar 50 persen di kiosnya sejak terjadi epidemi COVID-19. Pasalnya banyak pelanggan yang berasal dari China, Indonesia, Singapura dan Hong Kong takut untuk melakukan impor. “Orang Penang hanya datang (membeli) pada Mei, Juni dan Juli saat musim durian di sini,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini