nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bolehkah Pramugari Tindik dan Punya Tato?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 20:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 21 406 2172342 bolehkah-pramugari-tindik-dan-punya-tato-dT3BONNWZY.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MENJADI seorang awak kabin pesawat, pramugari misalnya, tidaklah mudah. Ada sejumlah syarat mutlak yang harus dipatuhi.

Untuk mendukung profesinya, seorang pramugari punya aturan ketat yang dari perusahaan maskapai. Misalnya saja pramugari tidak boleh melakukan tindik lidah serta punya tato.

Selain itu, apalagi ya pantangan seorang pramugari dalam kehidupan sehari-harinya? Dilansir Okezone dari Rdasia, Jumat (21/2/2020). 

Tindik lidah

pramugari

Untuk tindikan, hanya tindikan telinga dengan masing-masing satu tindikan kecil di tiap telinga yang diperbolehkan. Lubang tindikan di bagian tubuh lain yang terlihat, tidak diperbolehkan. Tindikan di lidah misalnya.

Punya tato

Kebanyakan perusahaan jasa penerbangan tidak mengizinkan para pramugari dan pramugaranya memiliki tato, terlebih lagi di area tubuh yang terlihat. Wajah, leher, tangan, dan lengan. Jika tato bisa terlihat di balik seragam yang dipakai, maka awak kabin wajib mengenakan baju dalaman alias undergarment untuk menutupinya.

Aturan berat badan

Beberapa perusahaan airlines meminta ukuran berat badan tertentu untuk para awak kabinnya. Misalnya Air India, yang mengeluarkan memo yang isinya adalah detail soal menu rendah lemak untuk para in-flight crew. Sebelumnya, ada juga instruksi kepada 125 awak kabin untuk menurunkan berat badannya jika tidak mau kehilangan pekerjaannya. Bahkan ada 130 pramugari dan pramugara yang dihukum karena dinilai kegemukan.

Minum minuman keras

pramugari

Bukan hanya tidak diperbolehkan minum minuman keras saat sedang terbang, tapi pramugari dan pramugara tidak diperkenankan untuk minum minuman keras saat sedang mengenakan seragam kerja.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini