nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Kopi Sebabkan Penyakit Jantung? Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 21 481 2172324 minum-kopi-sebabkan-penyakit-jantung-ini-faktanya-qq2ojOqClE.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

MENYERUPUT secangkir kopi tentu sangat nikmat dan dapat menenangkan hati. Meski demikian beberapa orang percaya bahwa minum kopi dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan beberapa akun media sosial mengulas tentang bahaya kopi untuk jantung.

Contohnya suatu akun apotek di Instagram menyebutkan, bahaya kopi yang pertama yaitu dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat dari biasanya.

“Faktanya adalah kopi jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas yakni kurang dari empat gelas per hari tidak memperburuk kesehatan. Bahkan kopi bisa berefek positif pada kesehatan. Yang berdampak buruk bagi tubuh adalah gula dan susu tinggi lemak yang dikonsumsi bersamaan dengan kopi,” terang dr. Dasdo.

Campuran gula dan susu tinggi lemak yang diminum bersamaan dengan kopi, bisa meningkatkan kadar gula darah seseorang. Selain itu perlu diketahui kopi juga memiliki sifat asam yang bisa berdampak bagi kesehatan tubuh manusia.

 

Ilustrasi. Foto: Istimewa

“Karena bersifat asam, kopi bisa menyebabkan masalah pada lambung, terutama pada orang-orang yang sensitif. Meningkatnya asam lambung bisa menyebakan terjadinya nyeri ulu hati, sesak nafas, hingga berdebar-debar yang gejalanya bisa menyerupai orang yang mengalami serangan jantung,” ucapnya.

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi kopi, ada baiknya untuk membuat kopi tanpa gula (kopi pahit) yang diminum dalam porsi terbatas. Jumlah aman mengonsumsi kopi adalah 1-2 gelas per hari supaya tidak menyebabkan serangan jantung.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini