nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Hilangkan Bengkak Jerawat dalam Semalam, Ini Cara Praktisnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 21:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 21 611 2172357 mau-hilangkan-bengkak-jerawat-dalam-semalam-ini-cara-praktisnya-TuXROtajaf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AKHIR pekan ini punya acara? Mau datang ke pernikahan teman mungkin, atau sekadar berkumpul bersama teman. Nah, mungkin kamu telah mempersiapkan pertemuan ini dari jauh-jauh hari.

Tapi, bisa jadi masalah yang tiba-tiba datang menghapiri. Memang bukan masalah besar, hanya jerawat di wajah, tapi tetap saja akan terasa menyebalkan bukan?

Nah, ada beberapa cara nih untuk menghilangkan jerawat, apalagi jika jerawat tersebut masih merah karena baru muncul. Meminum antibiotik seperti tetracycline, doxycycline, minocycline, dan erythromycin mungkin mengurangi kemerahan, tetapi akan membutuhkan beberapa hari untuk melihat hasilnya.

mungkin mengurangi kemerahan, tetapi akan membutuhkan beberapa hari untuk melihat hasilnya.

Perlu diketahui, kemerahan pada jerawat diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel. Dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati, menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berpopulasi dan radikal bebas merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan kemerahan.

Melansir berbagai sumber seperti The Health Site, Ada beberapa perawatan alami yang efektif dan sederhana sehingga bisa Anda praktikkan di rumah untuk secara kilat mengurangi kemerahan pada jerawat.

Pasta gigi tanpa mint, tanpa flouride

Pasta gigi adalah salah satu obat yang sering disebut dalam mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena pasta gigi mengandung silica, yang membantu mengeringkan jerawat.

Tapi Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride, karena Bahan ini tidak hanya mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.


Es batu

Cara menghilangkan jerawat yang memerah, yang tercepat adalah dengan es. Gunakan kain untuk menampung beberapa es baru dan letakkan pada bagian wajah yang terinfeksi. Diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

Obat tetes mata

Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat. Letakkan kapas yang sudah dibasahi dengan tetes mata di dalam freezer. Biarkan selama semalam.

Keesokan paginya, letakkan kapas tersebut di atas jerawat selama beberapa menit. Ketika cairan tetes mata terserap ke dalam kulit, akan ada penyempitan sementara pembuluh darah. Hal ini akan membuat kemerahan pada jerawat berkurang. Jika kemerahan tidak berulang, ulangi hal yang sama.

Jika kemerahan tidak berulang, ulangi hal yang sama.

Aspirin

Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas kulit dan kemerahan melalui penyempitan pembuluh darah.

Untuk mengatasi kemerahan pada jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi separuh. Tambahkan air. Kemudian oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester untuk melindunginya. Biarkan selama 30 menit.



1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini