nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiba-Tiba Jerawatan? Salahkan Bantal Kotor Anda!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 22:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 21 611 2172359 tiba-tiba-jerawatan-salahkan-bantal-kotor-anda-lCaskZewL1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK hal yang menyebabkan wajah kita berjerawat, mulai dari kebersihan wajah, pola makan yang tidak sehat, kurangnya asupan cairan tubuh, sampai dengan kurang istirahat. Faktor-faktor itu memang bisa memicu hormon kita sehingga mengeluarkan jerawat.

Tapi, terkadang ada faktor eksternal yang terlupakan dan bisa menyebabkan jerawat. Salah satunya adalah bantal yang Anda gunakan. Siapa sangka bantal yang kita gunakan untuk tidur setiap hari menjadi sumber jerawat di wajah kita.

Melansir Symptomfind, bantal kotor bisa menjadi sumber bakteri penyebab jerawat muncul. Pasalnya, di dalam sarung bantal, terdapat banyak mikroba dan sesuatu lainnya yang bisa memicu munculnya jerawat.

terdapat banyak mikroba dan sesuatu lainnya yang bisa memicu munculnya jerawat.

Sebut saja sel kulit mati. Pada proses tidur, secara alami sel kulit mati itu akan terkelupas dari tubuh manusia. Sel kulit mati itu pun jatuh di bantal kesayangan Anda. Nah, yang perlu digaris bawahi adalah sel kulit mati merupakan makanan lezat para tungau bakteri yang bisa membuat wajah Anda berjerawat.

Saat kita tidur, sadar atau tidak minyak tubuh akan keluar secara alami. Dengan demikian, jika tidak rutin mengganti sarung bantal, maka Anda membiarkan wajah Anda ditempeli minyak kotor.

Tak hanya itu saja, penyebab jerawat di sarung bantal juga adalah keringat. Anda mungkin sudah paham mengenai hal ini. Keringat tubuh menjadi salah satu faktor pembentuk jerawat.

Nah, di sarung bantal juga terkadang tersimpan keringat. Hal itu bisa saja terjadi bila kamar Anda kebetulan terasa panas, sehingga tubuh mengeluarkan keringat dan diserap sarung bantal.

Yang terakhir dan mungkin bagi Anda tidak berpengaruh adalah remah-remah makanan ringan. Mungkin, tengah malam Anda terbiasa ngemil di atas kasur. Nah, kebiasaan itu tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga bisa menyebabkan jerawat. Remah makanan tersebut bila tertinggal di atas kasur, bisa memunculkan bakteri yang nantinya malah akan menimbulkan jerawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini