nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keindahan Batik Sampang Bakal Ditampilkan di Muffest 2020

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 15:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 22 194 2172567 keindahan-batik-sampang-bakal-ditampilkan-di-muffest-2020-QEbU81ahZ3.jpg Batik Sampang. Foto: Instagram

BATIK jadi salah satu kerajinan khas Indonesia yang dikenal hingga ke seluruh di dunia. Motif-motifnya yang unik membuat jenis kain tersebut sangat bernilai. Salah satu contoh yang memiliki nilai seni tinggi adalah batik Sampang.

Bupati Sampang Slamet Junaidi mengatakan, batik asal daerahnya bagaikan mutiara tersembunyi, sebab belum banyak dipublikasikan.

"Tentunya daerah Sampang ini sangat kaya dengan potensi batik, ini adalah mutiara terpendam yang kemudian kami kembangkan," katanya kepada Okezone saat ditemui di Muslim Fashion Festival 2020 (Muffest), Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020).

Slamet melanjutkan, batik Sampang memiliki ciri khas dibanding batik-batik lainnya, yaitu memiliki warna-warna cerah atau mencolok seperti merah.

"Batik Sampang itu punya warna-warna mencolok, tentu saat ini ada perubahan ya, ada jenis batik selempang juga. Batik Sampang sudah lima turunan artinya sudah bertahan," ucapnya.

Pada Muffest 2020 Pemerintah Sampang akan memperkenalkan batik unggulannya itu. Bekerjasama dengan enam desainer handal, nantinya batik Sampang akan disulap menjadi fesyen kekinian.

Sementara itu dalam artikel Okezone terdahulu disebutkan terdapat beberapa jenis patik yang sudah populer di masyarakat. Di antaranya batik Solo, Pekalongan, Yogyakarta, Cirebon, Papua, dan lain-lain. Semua memiliki ciri khas masing-masing.

Batik Pekalongan misalnya, memiliki kesamaan dengan batik Sampang, yaitu mengusung warna cerah sehingga banyak disukai masyarakat.

(abp)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini