nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungan Wisatawan ke Danau Toba Tak Terpengaruh Wabah Korona COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 11:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 22 406 2172487 kunjungan-wisatawan-ke-danau-toba-tak-terpengaruh-wabah-korona-covid-19-cHXX00sAsw.jpg Danau Toba. Foto: Lokawisata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan program 5 Destinasi Super Prioritas demi menggaet wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Tanah Air. Salah satu destinasinya adalah Danau Toba, Sumatera Utara.

Sebagai destinasi super prioritas, Danau Toba terus berbenah diri memaksimalkan potensi wisata yang mereka miliki. Berbagai infrastruktur penunjang pun turut dibangun demi memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Mulai dari pembangunan bandara berskala internasional, jalur tol, perbaikan Jalur Lingkar Danau Toba serta Jalur Lingkar Samosir, hingga pembangunan atraksi atau objek-objek wisata baru guna memanjakan pelancong.

Hasil dari pembangunan ini sendiri ternyata telah dirasakan oleh warga setempat dan Pemerintah Kabupaten Samosir. Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, sejak dibangunnya infrastruktur penunjang di sekitar kawasan Danau Toba, jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut mengalami peningkatan.

Foto: Dimas Andhika Fikri-Okezone

"Tahun lalu kami memperoleh peningkatan kujungan wisatawan 10%, yaitu dari 378 ribu wisatawan di tahun 2018 menjadi 420 ribu wisatawan di tahun 2019. Dari angka tersebut 45% di antaranya adalah wisman, dan wisnus (wisatawan nusantara) 65 %. Pendapatan asli daerah juga linear terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ini," ujarnya saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, kemarin.

Rapidin menambahkan, meski saat ini dunia dihantam isu virus korona COVID-19, pihaknya optimistis target kunjungan wisman dan wisnus ke Danau Toba dapat tercapai. Tahun ini, Pemkab Samosir diketahui menargetkan 500 ribu kunjungan wisatawan ke daerah mereka.

"Kami tetap optimis target akan terpenuhi, karena ada tren positif yang menunjukkan jumlah kunjungan wisman dari Malaysia dan Singapura terus meningkat," ungkapnya.

Demi mencapai target tersebut, Pemkab Samosir dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga telah berkolaborasi menggelar Horas Samosir Fiesta (HSF) 2020 untuk mempromosikan 11 event unggulan di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

HSF 2020 sendiri terdiri 11 event yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) unggulan Kabupaten Samosir. Tercatat 11 event yang dimaksud yakni Festival Gondang Naposo, Samosir Band Festival, Sigale-Gale Carnival, Samosir Harvest Festival, Horja Bius, Festival Ulos, Festival Solu Bulon, Chrismast Season, dan Festival Sipinggan.

Rangkaian acara tersebut akan diawali dengan penyelenggaraan event Gondang Naposo yang akan berlangsung di Pasir Putih Tandarabun, Desa Roha, Kecamatan Simanindo, pada 17-18 April 2020. Sebagai penutup akan digelar Festival Sipinggan yang berlangsung di Pantai Sipinggan pada 27 Desember 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini