Pakar: Telur Bisa Kena Bakteri Jika Dicuci Pakai Air Dingin

Mas Haidar, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 22 481 2172460 pakar-telur-bisa-kena-bakteri-jika-dicuci-pakai-air-dingin-I3XWf6tfWR.jpg Ilustrasi. Foto: mgkid

SETIAP orang pasti ingin makanannya bersih dan terhindar dari segala kontaminasi kuman atau kotoran, oleh karena itu mencucinya adalah salah satu cara yang dilakukan. Namun dalam beberapa makanan, mencucinya tidak menghasilkan apa-apa, malah membuatnya semakin kotor, seperti yang terjadi pada telur.

Di Australia, telur segar harus melalui serangkaian proses sebelum dijual. Awalnya telur disemprot cairan yang mengandung deterjen, dibilas, dikeringkan, dan dilapisi minyak bermineral yang aman dengan cara dioleskan ke permukaannya. Ini untuk mencegah bakteri masuk mencemari telur tersebut.

"Jika Anda mencuci telur itu sebelum memasaknya, karena cangkangnya yang keropos, air bisa mendorong bakteri ke dalam telur," kata Amy Leigh Mercree, pakar kesehatan holistik yang dilansir dari Reader's Digest Asia pada Sabtu (22/2/2020).

 

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Ia menambahkan ada potensi bakteri di permukaan telur, maka dengan mencucinya malah memperburuk keadaan, apalagi jika menggunakan air dingin atau air mengalir.

"Karena cangkangnya sangat keropos, Anda mendorongnya (bakteri) kembali ke permukaan telur," ucap Mercree. Hal itu menimbulkan risiko yang jauh lebih besar untuk mencemari bagian telur yang akan Anda makan.

(abp)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini