nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasien Pertama COVID-19 Masih Jadi Misteri

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 13:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 22 481 2172523 pasien-pertama-covid-19-masih-jadi-misteri-vov6PXAvkX.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

VIRUS Corona Wuhan (COVID-19) yang mewabah membuat khawatir masyarakat, baik dari negeri asalnya maupun di negara-negara lain. Sebab wabah tersebut menimbukan korban jiwa dan hal ini jadi ancaman di seluruh dunia.

Namun ada pertanyaan, siapa pasien pertama virus COVID-19 ini? Dikutip dari laman BBC pada Sabtu (22/2/2020), hal ini masih jadi misteri karena Pemerintah China dan para pakar belum menyepakati tentang bagaimana virus tersebut ada. Sumber utama penyakit itu juga belum diketahui hingga sekarang.

Lebih lanjut, pasien pertama suatu penyakit baru disebut sebagai pasien nol. Mengapa perlu dicari pasien pertama yang terkena COVID-19?

Pentingnya mengindentifikasi pasien pertama yang terserang suatu penyakit yang kemudian mewabah mengerikan adalah sebagai salah satu langkah menjawab pertanyaan dan menangani penyakit itu sendiri.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Hal tersebut juga diperlukan supaya di kemudian hari jika terjadi wabah serupa, maka akan lebih mudah menanganinya.

Namun yang jelas menurut Pemerintah China, virus COVID-19 pertama kali diketahui pada 31 Desember 2019. Setelah diteliti, gejala virus tersebut mirip dengan pneumonia dan diduga berasal dari pasar hewan dan ikan di Wuhan, Hubei, China. 

Menurut data statistik yang diperoleh oleh John Hopkins University di Amerika Serikat, hampir 82% dari 75 ribu kasus COVID-19 berasal dari kawasan Wuhan.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini