Catat, Mengontrol Kadar Gula Darah Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 22 481 2172582 catat-mengontrol-kadar-gula-darah-menurunkan-risiko-serangan-jantung-DrQAO4u5dM.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

INDONESIA Diabetic Federation (IDF) 2017 mencatat Indonesia berada di urutan ke-6 di dunia dalam daftar penyandang diabetes. Total pengidap penyakit tersebut di dalam negeri sekira 10,3 juta.

Selain itu diketahui 75 persen dari total penyandang diabetes di Indonesia tidak menyadari bahwa dirinya menderita penyakit tersebut.

Di sisi lain sebagian penderita merasa dirinya aman dari penyakit tersebut karena rutin mengonsumsi obatnya. Lalu apakah benar orang yang rutin mengonsumsi obat diabetes bakal aman dari penyakit tersebut?

Menjawab pertanyaan tersebut Konsultan Kardiologi Intervensi Rumah Sakit Awal Bros, dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP(K), FIHA, mengatakan obat diabetes memang efektif untuk menjaga kestabilan gula darah penderitanya.

Selain itu ia mengatakan, jika kadar gula sudah terkontrol maka risiko terkena serangan jantung akan menurun. “Mengontrol kadar gula darah dengan obat-obatan akan menurunkan risiko atau menghambat terjadinya penyakit jantung,” ucap Dasdo.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Seperti diketahui diabetes atau biasa disebut dengan penyakit gula memang memiliki dampak yang sangat besar bagi tubuh manusia. Penyakit ini bisa menyebar dan mengganggu beberapa bagian tubuh lainnya sehingga dapat menimbulkan penyakit baru yang tak kalah berbahaya, seperti serangan jantung.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini