Curhat Riri yang Takut Menikah: Komitmen Membuatku Terkekang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 23 196 2172931 curhat-riri-yang-takut-menikah-komitmen-membuatku-terkekang-5coirRKdJn.jpg Cerita Riri takut menikah karena khawatir komitmen mengekang (Foto : Instagram)

Kekecewaan masa lalu akan hubungan percintaan terbukti berdampak pada Riri. Ya, perempuan pekerja keras ini mengaku takut menikah sekarang.

Terlebih, banyak cerita yang Riri terima terkait dengan hubungan pernikahan yang tidak bahagia membuatnya semakin takut menikah. Baginya sekarang, menikah itu hanya membatasi dirinya untuk berkembang dan tidak merasa bebas.

Apa yang dialami Riri mungkin banyak juga dirasakan milenial di luar sana. Fenomena ini menjadi semakin jelas dari banyaknya curhatan netizen di media sosial terkait dengan hubungan rumah tangga. Bagi Riri sendiri, pengalaman pribadi dan independensi dalam dirinya yang membuat ketakutan untuk menikah semakin jelas.

"Aku takut menikah itu sejak banyak dengar cerita dari pengalaman teman-teman yang sudah menikah. Aku dengar pengalaman mereka yang bosan, pasangannya posesif bahkan membuat dia jarang main sama teman-temannya, dan kayak mereka pusing dengan hubungan suami istri. Padahal, seharusnya pernikahan itu bukan suatu beban, ya," cerita Riri pada Okezone, Sabtu (22/2/2020).

Tentry

(Foto : @tentryudvi/Instagram)

Ketidaksiapan Riri untuk menikah juga karena dirinya mengaku berjiwa bebas. Karena itu, akan sangat sulit sekali rasanya ketika menikah dengan segala peraturan di dalamnya untuk merasakan kebebasan seperti yang ia rasakan sekarang.

Komitmen menjadi hal yang dia takuti. Di bayangannya, ketika seseorang memutuskan untuk berkomitmen, maka ada ikatan yang harus dipatuhi dan ini tidak sejalan dengan prinsip hidupnya sekarang.

"Dibayangan aku, komitmen itu membuatku terkekang dan sangat menyiksa. Pacaran saja yang baru setahun atau dua tahun dijalani sudah mengekang kebebasan, apalagi menikah yang harus seumur hidup," katanya.

Riri mengaku perasaan tidak siap ini dimulai sejak usianya 25 tahun setelah ia mengalami pengalaman buruk dalam urusan percintaan. Dalam pengalaman cintanya itu, dia merasa hubungan serius itu meribetkannya dan itu membuat dirinya tidak berkembang.

Ketakutan akan menikah juga diakui Riri karena dirinya sekarang tengah menikmati kesibukannya. Mengembangkan diri pun menjadi alasan lain yang mmebuat dirinya memutuskan untuk belum siap menikah.

Pekerjaan yang super sibuk menuntut banyak waktu dalam dirinya dan dia menikmati proses ini. Riri pun mengaku belum siap untuk melepaskan kebebasan yang ia dapatkan sekarang.

Tentry

(Foto : @tentryudvi/Instagram)

Karena itu semua, Riri mengaku dirinya takut pasangannya kelak akan posesif dan menghambat perkembangan dirinya menjadi manusia seutuhnya. "Dan, aku juga orangnya sangat mandiri banget. Belum nemu pasangan yang punya visi sama, mandiri juga. Aku pengin kalau punya hubungan itu independent, enggak bergantung. Tapi, ya, belum nemu saja," ungkapnya.

Riri menerangkan, dirinya mungkin akan siap untuk menikah saat usianya sudah 35 tahun. Di angka itu, ia berharap sudah di level mendapatkan kehidupan yang stabil dengan karier yang baik. Selain itu, impiannya pun dirasa sudah tercapai.

"Aku mau menikah ketika memang semua yang aku inginkan tercapai dan itu di usia 35 tahun. Sekarang ini, ada ketakutan yang aku alami, yaitu aku takut apakah dengan kemandirian aku ini membawa dampak buruk ke depannya. Meski begitu, aku menikmati proses ini," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini