nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hoax: Perempuan Bisa Hamil Berenang Bareng Pria, Ini Penjelasan Dokter

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 18:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 23 481 2172913 hoax-perempuan-bisa-hamil-berenang-bareng-pria-ini-penjelasan-dokter-I0XQs8wHzR.jpg Ilustrasi (Foto : Iconic)

Tengah ramai beredar informasi bahwa berenang di kolam renang umum, riskan bagi perempuan. Informasi yang beredar menyebutkan perempuan bisa hamil lantaran berenang bersama pria karena adanya sperma yang ‘“berkeliaran” bebas di kolam renang.

Tak bisa dipungkiri, sebagian masyarakat ada yang langsung menyakini informasi ini benar adanya. Lalu, apakah berenang di kolam renang umum bisa membuat perempuan hamil itu benar atau hanya sekadar hoaks?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Okezone pun bertanya kepada dokter ahli kandungan, dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG. Secara runut, dr. Dinda menjelaskan bahwa proses seorang wanita bisa hamil tidaklah semudah yang dikatakan, apalagi hanya karena berenang di kolam renang umum.

“Jadi proses seorang wanita bisa hamil, harus ada sel telur yang siap dibuahi sel sperma. Itu berarti membutuhkan sel sperma yang keluar dari tubuh seorang pria, bukan? Maka, pria harus mengalami ejakulasi. Nah, sekarang bisakah ejakulasi di kolam renang? Pada perempuan, sel telur keluar di masa subur, hanya terjadi selama 24 jam dalam satu siklus yaitu satu bulan,” jelas dr. Dinda saat dihubungi Okezone, Minggu (23/2/2020).

Kolam Renang

dr. Dinda menambahkan, logikanya sperma yang berada di luar tubuh tidak bisa bertahan hidup tahan lama. Apalagi kondisinya jika berada di kolam renang, yang notabene airnya sudah tercampur dengan zat kaporit.

“Apalagi di dalam air kolam renang, yang mengandung kaporit. Kuman-kuman di air didegradasikan supaya tidak menyebarkan bakteri,” imbuhnya.

Karenanya, dokter Dinda menyakinkan bahwa informasi tersebut hanyalah hoax semata. “Iya betul, hoax,” tutup dr. Dinda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini