Share

Hannie Hananto Bikin Busana Generasi Micin, Hypebeast Banget

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 194 2173048 hannie-hananto-bikin-busana-generasi-micin-hypebeast-banget-1zK8TKQBXi.jpg Koleksi busana teranyar Hannie Hananto. (Foto: Pradita/Okezone)

DESAINER Hannie Hananto belakangan sering menciptakan karya busana yang terinspirasi dari kuliner hypebeast. Jika sebelumnya dia pernah membuat busana dengan motif hidangan mi instan, kini Hannie Hananto membuat koleksi busana generasi micin.

Kita tentu sudah begitu familier dengan istilah generasi micin bukan? Generasi micin menggambarkan anak-anak zaman now yang senang menyantap makanan dengan tambahan bumbu monosodium glutamat (MSG). Hannie Hananto terinspirasi dari situ. 

generasi micin

Jangan salah, ternyata konsep dari generasi micin yang dipandang sebagian orang sebelah mata ini, bisa menjadi inspirasi di dunia fashion. Hannie Hananto lah yang mengusung konsep generasi micin dalam konsep busananya.

Ya, Anda tak salah membaca kok. Sebab, hadir sebagai salah satu jajaran desainer pamungkas yang hadir di closing show Muslim Fashion Festival (Muffest) 2020, Minggu 23 Februari 2020, Hannie Hananto menjadikan generasi micin sebagai sumber inspirasi koleksi teranyarnya di Muffest 2020.

Hannie Hananto menggunakan kain blacu sebagai material bahan utama yang digunakan untuk menampilan sederet koleksi Generasi Micin yang diusungnya. Kain blacu, yang merupakan tekstil tenun polos yang terbuat dari kapas yang tidak dikelantang dan tidak diproses sepenuhnya.

Untuk desain logo rangkaian kalimat generasi micin, sablon dan print mesin untuk menghasilkan gambar tulisan dan logo, diaplikasikan kepada kain-kain blacu yang digunakan. Koleksi generasi micin yang kurang lebih berjumlah 12 looks ini, didominasi outfit-outfit oversize yang longgar.

generasi micin

Hannie Hananto hanya memainkan empat warna untuk koleksi kali ini. Dia memilih warna hitam, putih, merah terang, dan ungu muda, dengan motif polkadot.

Sekira 50 persen diketahui desain koleksi menggunakan konsep zero waste. Yakni membuang bahan baku sedikit mungkin untuk meminimalisasi sampah atau limbah kain, dalam bentuk-bentuk kaftan dan outer kaftan.

Kain blacu sendiri dipilih sebagai material bahan yang sustainable. Secara tekstur kain, kain blacu ini jauh lebih halus daripada kain muslin.

Tetapi kurang kasar dan tebal daripada kain kanvas atau denim. Di sisi lain, dari segi harga nyatanya material kain ini masih sangat murah loh karena penampilan luarnya yang tampak seperti belum selesai dan tidak berpasir.

generasi micin

Sebanyak 12 look generasi micin yang terdiri dari setelan blus atasan dan celana palazo pipa lebar sebagai bawahan, dan juga long dress ini tampak dibuat playful, dengan pemakaian aksesori sun hat berukuran besar, bando bola warna-warni, tote bag berukuran besar bertuliskan micin, hingga earphone warna-warni.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini