nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Tiara Sembuh dari Trauma KDRT Orangtua hingga Mau Menikah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 23:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 24 196 2173539 cerita-tiara-sembuh-dari-trauma-kdrt-orangtua-hingga-mau-menikah-tKBMFxFPd2.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Psikolog Meity Arianty menjelaskan sebelumnya, trauma melihat ketidakbahagiaan orangtua menjadi salah satu faktor pemicu anak tidak menikah saat dewasa. Hal ini dibenarkan Tiara (bukan nama asli), namun ia berhasil sembuh dari trauma tersebut.

Ya, Tiara mengaku sempat memilih untuk tidak menikah. Alasannya adalah melihat sang ayah bertindak kasar pada ibunya. Karena melihat langsung kejadian tersebut, Tiara merasa saat menikah nanti ada kemungkinan suaminya bakal melakukan apa yang ayahnya lakukan.

Momen Tiara melihat pertengkaran antara ibu dan ayahnya terjadi saat dirinya masih kecil. Bahkan, sampai sekarang cekcok masih terjadi. Tidak hanya itu, Tiara pun mengaku pernah diselingkuhi kekasihnya. Kejadian ini membuat Tiara tidak percaya lagi dengan cinta.

Hal itu ia realisasikan dengan mempermainkan hati setiap pria yang coba mendekatinya. "Beberapa tahun aku jadiin cowok itu mainan. Mereka suka sama aku, tapi aku nggak. Aku manfaatin mereka doang," ungkapnya pada Okezone, Sabtu (22/2/2020).

Putus Cinta

Kehidupannya di rumah pun tidak seperti anak-anak kebanyakan. Tiara memutuskan untuk menyibukan dirinya di luar rumah dengan tujuan bisa melupakan suasana rumah. Tindakan ini ia lakukan selama sekolah.

Namun, suatu kejadian mengubah segalanya. Tiara yang dulunya hanya mempermainkan perasaan pria, mulai percaya kembali dengan cinta dan itu memperbaiki masa lalunya secara tidak langsung.

Ya, dia bertemu dengan seorang pria. Pria itu awalnya sangat emosional, kurang lebih sama dengan ayahnya. Di awal hubungan Tiara mengaku bertindak sama seperti sebelum-sebelumnya, memanfaatkannya saja.

Tapi, sejalannya waktu, Tiara melihat ada sesuatu yang berbeda dari pria ini. Ya, sikap emosionalnya mulai berkurang dan itu karena dia sendiri. "Aku jadi alasan dia berubah ke arah yang lebih baik," ungkap Tiara.

Pernyataan itu mengubah hidup Tiara. Dia seperti memiliki kepercayaan bahwa setiap orang memang bisa berubah dan itu juga berlaku untuk hidupnya. Dan setelah itu, aku kembali percaya cinta dan berdamai dengan masa lalu.

Tidak hanya karena perubahan yang diperlihatkan kekasihnya, Tiara juga diperlihatkan kondisi teman-temannya yang memiliki keluarga harmonis.

"Melihat semua ini, bikin aku mau memperbaiki semuanya. Aku mau ciptain apa yang aku belum dapatkan sekarang ketika aku menikah kelak," katanya.

Meditasi

Tiara pun menjelaskan, dirinya sudah punya pikiran bagaimana cara mendidik anak nantinya. Tidak hanya itu, dia sudah memikirkan akan disekolahkan di mana anaknya dan mau mendidik anak seperti apa.

Tidak hanya itu, Tiara pun menjelaskan bahwa dirinya sekarang siap dengan segala risiko pernikahan. Malah, kalau memang pada akhirnya dia tidak menikah, dia siap dengan omongan orang.

"Aku sekarang mulai mencintai diri sendiri. Aku juga mulai menerima apa yang terjadi, belajar ikhlas, karena dari sikap itu kita bisa mendapatkan apa yang kita butuhkan. Dan sometimes, tidak peduli dengan apa yang ada di sekitar itu perlu agar hati tidak tersakiti. Aku harap orang lain bisa melakukan hal ini juga," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini