nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Membuat Kue untuk Pemula

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 24 298 2173357 6-tips-membuat-kue-untuk-pemula-hd0N13KVHS.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Membuat kue dianggap sebagian orang jauh lebih sulit. Karena baking membutuhkan ketelitian lebih jika dibandingkan dengan memasak hidangan sehari-hari.

Padahal dengan mengetahui trik yang tepat, membuat kue bisa jadi lebih menyenangkan dan mudah walaupun bagi pemula. Lalu seperti apa tips dalam membuat kue agar lebih mudah bagi orang-orang yang baru mencoba untuk membuat kue?

Melansir Popsugar, berikut ulasan 5 tips membuat kue bagi pemula.

1. Baca resep lengkap dengan seksama

Hal pertama yang harus dilakukan ialah membaca resep kue yang hendak dibuat secara lengkap dan seksama. Membuat kue itu adalah segala sesuatu tentang presisi. Dengan membaca resep secara lengkap dan seksama, maka bahan-bahan, peralatan dan langkah-langkah pembuatan tidak akan terabaikan. Baca resep secara detail dua hingga tiga kali untuk memastikan semuanya.

2. Keluarkan semua sesuatu yang dibutuhkan

Sebagai persiapan awal, keluarkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Mulai dari bahan-bahan, alat-alat dapur, dan tentunya resep yang dibutuhkan. Lalu sebelum memulai memasak, periksa dua kali bahwa segala sesuatu sudah siap. Dengan ini, kemungkinan melupakan alat atau bahan-bahan yang dibutuhkan di tengah-tengah sesi membuat kue bisa dihindari.

Tips Buat Kue

3. Siapkan loyang terlebih dahulu

Jika resep kue yang mau dibuat membutuhkan cake pan yang diolesi mentega, atau harus dilapisi oleh kertas kue. Maka ada baiknya untuk menyiapkan loyang atau wadah sesuai petunjuk yang ada, agar menghindari kue yang dibuat menjadi gosong terbakar, lengket, atau kemungkinan buruk lainnya. Anda tidak mau waktu berjam-jam membuat kue ini terbuang begitu saja kan?

4. Keluarkan bahan-bahan yang butuh suhu ruangan

Seringkali bahan-bahan seperti butter dan telur harus dikeluarkan dari kulkas dan diletakkan di suhu ruangan. Disarankan, sebelum memasuki waktu membuat kue, Anda sudah terlebih dahulu mengeluarkan butter dan telur serta bahan-bahan lainnya di dalam sebuah konter di suhu ruangan.

5. Panaskan oven

Sebagian besar resep membuat kue, biasanya akan menginstruksikan untuk memanaskan oven alias pre-heat oven sebagai langkah awal di resep pembuatan. Pastikan sebelum memasukkan adonan kue, oven yang ingin dipakai sudah dinyalakan.

Oven

6. Siapkan gelas ukuran

Kecuali resep yang digunakan mengindikasikan untuk pemakaian satu tipe gelas ukuran, atau measuring cup. Sebaiknya ukur semua cairan seperti susu dan air dengan gelas ukur khusus untuk cairan, lalu bahan-bahan kering seperti gula, tepung, kacang-kacangan, dan chocolate chips disebutkan harus diukur memakai dry measuring cups atau jika ingin lebih akurat maka gunakanlah timbangan kue.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini