nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus COVID-19 Merebak, Hotel Ini Tetap Buka untuk Umum

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 20:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 24 406 2173482 virus-covid-19-merebak-hotel-ini-tetap-buka-untuk-umum-8bQ3IOlv1v.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA bulan setelah wabah virus korona (Covid-19) menyebar di China, sebuah hotel bintang 5, Marco Polo mulai beroperasi untuk umum.

Marco Polo Wuhan merupakan salah satu dari segelintir hotel yang beroperasi kembali sejak virus korona (Covid-19) mewabah di Wuhan, China, dan kemudian menyebar.

Agence France-Presse (AFP) mewartakan, sekira 50 staf, termasuk koki, penjaga keamanan, dan manajer, menyediakan layanan kamar dan makanan kemasan untuk para tamu. Pihak hotel mengikuti pedoman kesehatan dan sanitasi yang ketat termasuk memeriksa suhu tubuh para tamu dan mewajibkan mereka untuk mengenakan masker saat berolahraga.

Wuhan, pusat penyebaran virus corona (COVID-19), telah menjadi kota hantu yang sesungguhnya. Jalanan kosong, kereta api dan penerbangan ke luar kota telah ditangguhkan, dan hotel besar seperti Hilton dan Wyndham telah menutup cabang di daerah tersebut. Marco Polo Wuhan, hotel bintang 5 di tepi Sungai Yangtze, adalah salah satu dari sedikit hotel yang masih buka.

hotel bintang 5 di tepi Sungai Yangtze, adalah salah satu dari sedikit hotel yang masih buka.

Biasanya kondisi hotel ini ramai dengan wisatawan bisnis maupun rekreasi, lobi modernnya yang berlantai marmer kini menghadirkan suasana yang jauh berbeda. Tidak ada lagi resepsionis yang duduk di meja depan.

Sebaliknya, tim yang terdiri dari 50 staf inti diam dan fokus merawat para tamu yang terdampar oleh karantina Wuhan, serta 20 pejabat dari Unit Inspeksi Pemerintah Pusat Beijing dan lebih dari 200 pekerja medis darurat dari Rumah Sakit Persahabatan China-Jepang dan Rumah Sakit Beijing, seperti dilansir Business Insider pada Senin (24/2/2020).

General Manager Marco Polo Wuhan Lee Weng Wai mengatakan, telah mengembalikan warga yang dievakuasi di hotelnya yang berasal dari Malaysia. Sedangkan staf yang masih tersedia yakni koki, penjaga keamanan, dan manajer tetap bertugas untuk melayani para tamu termasuk pelayanan kamar dan makanan.

Para staf hotel juga menjunjung tinggi standar kebersihan dan sanitasi. Langkah-langkah ini termasuk mengenakan masker wajah, mengamati "periode istirahat wajib," memeriksa suhu tamu yang masuk dan keluar hotel, dan mengharuskan para tamu untuk mengisi formulir.

Sebagai kegiatan positif, staf juga diharuskan berolahraga pada pukul 10 pagi setiap harinya. Olahraga berfungsi untuk menyeimbangkan kesehatan dan kekebalan tubuh, kita akan membuat formasi yang jauh lebih baik dari sebelumnya," kata Lee.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini