Kesha Ratuliu Unggah Hasil USG Tumor Payudara, Yuk Kenali Gejalanya Ladies

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 481 2173255 kesha-ratuliu-unggah-hasil-usg-tumor-payudara-yuk-kenali-gejalanya-ladies-mntgFSr8PE.jpg Kesha Ratuliu. (Foto: Instagram/kesharatuliu05)

PESINETRON Kesha Ratuliu mengunggah foto hasil USG yang menunjukkan hasil pemeriksaan tumor payudara. Untuk mewaspadai, Anda harus tahu gejala apa saja yang muncul saat ada tumor di payudara.

Gejala tumor payudara sangat berbeda jauh dari kanker payudara. Agar tak bingung membedakan, Anda harus mengenali keduanya.

kesha ratuliu

Spesialis Bedah Onkologi RS Medistra dr Sonar Soni Panigoro SpB(K)Onk menjelaskan beberapa gejala tumor payudara yang jarang disadari kaum hawa. Berikut ulasannya yang bisa Anda simak, Senin (24/2/2020).

Faktanya benjolan tumor tak selalu kanker

Ketika ada benjolan di payudara, 80 persen bukan tanda-tanda kanker. Biasanya itu salah satu bentuk tumor jinak yang tidak berbahaya.

"Kalau tumor jinak tumbuh seperti kantung dan kelihatan bagus bentuk benjolannya. Kalau diraba seperti kelereng dan membesarnya di daerah situ saja. Kalau kanker tidak begitu," ujar Dokter Sonar.

Penyebab benjolan selain kanker

Dokter Sonar menerangkan, ada beberapa pemicu yang menyebabkan benjolan selain kanker. Antara lain kista, peradangan atau infeksi, serta mastitis pada ibu menyusui.

Benjolan yang bahaya

"Jika benjolan itu dicurigai kanker, biasanya kondisinya sudah tidak bagus. Benjolannya juga bisa menempel ke otot dan muncul bahaya lanjut," katanya.

Bedanya dengan gejala kanker payudara

Sementara itu, gejala kanker payudara adalah terjadi perubahan bentuk dan ukuran payudara, adanya rasa sakit di puting dan mengeluarkan cairan bening, coklat atau kuning, bengkak di daerah ketiak, tiba-tiba memerah sampai kulit berubah mirip kulit jeruk. Untuk mencegahnya, setiap kaum hawa diingatkan selalu untuk melakukan periksa payudara sendiri (Sadari).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini