nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Pernah Tertular, Akankah Orang Kebal dari COVID-19?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 16:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 24 481 2173360 sudah-pernah-tertular-akankah-orang-kebal-dari-covid-19-ohEBtePQWO.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

BARU juga sembuh, pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Chengdu China kambuh lagi. Pastinya masyarakat mempertanyakan apa sebabnya.

Dilasnir Okezone dari Metro, Senin (24/2/2020), sebelum sembuh pasien positif COVID-19 tersebut menjalani masa karantina di rumah. Sayangnya, ia kembali masuk ke rumah sakit untuk menjalani perawatan kembali setelah muncul gejala COVID-19.

covid 19

Pasien tersebut diidentifikasi berasal dari Chengdu, Provinsi Sichuan. Ia diperkirakan mengalami kontak dengan virus saat periode check-up 10 hari setelah keluar rumah sakit.

Menanggapi hal tersebut, Guru Besar Ilmu Mikrobiologi Klinik, Prof Dr dr Amin Soebandrio, PhD, SpMK menegaskan, seharusnya seseorang yang sudah terkena COVID-19 memiliki antibodi. Sehingga kebal terhadap serangan penyakit tersebut.

“Seharusnya mereka memiliki antibodi untuk melawan penyakit tersebut. Karena di China sendiri kan para survivor memiliki antibodi yang plasmanya diambil untuk menyembuhkan pasien yang kritis,” terang Prof Amin, saat diwawancarai Okezone dalam Seminar Corona Virus on Science, Senin (24/2/2020).

Lebih lanjut, Prof Amin mengatakan, masih harus ada penelitian yang dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut, mengenai zat antibodi, yang dimiliki oleh pasien COVID-19 yang sembuh dari infeksi. Yang jelas antibodi yang dimiliki survivor, bisa melindungi pemiliknya dari penyakit serupa dalam waktu tertentu.

“Yang masih belum diketahui, seberapa lama zat antibodi tersebut dapat bekerja terhadap tubuh penderitanya," kata Prof Amin.

Mungkin saja, menurutnya, penderita terinfeksi yang sama setelah kehilangan zat antibodi terhadap COVID-19 yang dimilikinya. Sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini